Viral Uang Kertas Pecahan 100 Rupiah Bergambar Jokowi, Ini Faktanya

Jabarekspres.com – Beredar sebuah foto yang memperlihatkan uang kertas pecahan Rp 100 bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto itu beredar di media sosial.

Akun Facebook ini ikut membagikan gambar uang tersebut pada Minggu, 3 Juli 2022. Disebutkan, uang kertas berwarna merah itu rencananya akan dikeluarkan oleh Bank Negara Indonesia (BNI).

“Mata Uang Terbaru Bergambar Presiden Jokowi Rencana akan di keluarkan BNI Baru-Baru ini Penggantu uang Pecahan Uang seratus ribu rupiah” tulis akun tersebut.

Dari hasil penelusuran, klaim adanya uang kertas baru pecahan Rp 100 bergambar Presiden Jokowi yang akan dikeluarkan BNI adalah salah. Faktanya, BNI tidak memiliki wewenang untuk menerbitkan uang.

Sekretaris Perusahaan PT BNI (Persero) Tbk Mucharom membantah klaim yang beredar. “Kami sampaikan bahwa berita tersebut adalah hoaks atau berita yang tidak relevan dengan fungsi dan kewajiban BNI,” ujar Mucharom, seperti dilansir Kompas.com, Senin 11 Juli 2022.

Merujuk Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1968, BNI ditetapkan menjadi “Bank Negara Indonesia 1946” dengan status sebagai bank umum milik negara. Adapun yang memiliki kewenangan menerbitkan uang adalah Bank Indonesia. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.