Idul Adha Banyak Makan Daging, Khawatir Kolesterol Naik? Atasi dengan Konsumsi ini

JABAREKSPRES.COM – Perayaan Idul Adha identik dengan aneka masakan berbahan daging, baik daging sapi, kambing maupun kerbau. Tingginya tingkat konsumsi daging saat Idul Adha, membuat  angka beberapa penyakit naik akibat kolesterol tinggi. Lalu apa hubungannya daging dengan kolesterol?

Ternyata daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi akan kolesterol, atau sering disebut juga sebagai kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL)

Kelebihan kolesterol jahat bisa memicu pembentukan plak yang mempersempit dan menghambat aliran darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Namun jangan khawatir karena ada beberapa makanan dan minuman yang mampu menurunkan kadar kolesterol.

Sebelum mengonsumsi obat penurun kolesterol, sebaiknya konsumsi beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Seperti yang dilansir di laman hallodoc, berikut ini.

1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh dan vitamin E. Kedua nutrisi ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Coba konsumsi dua sendok minyak zaitun dan campurkan pada salad atau makanan yang kamu konsumsi.

2. Oatmeal
Oatmeal mengandung serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Pasalnya, serat pada oatmeal membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah.

3. Kacang-Kacangan
Sama seperti oatmeal, kacang mengandung serat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi sebagai penurun kolesterol adalah kacang merah, kacang panjang, kacang almond, dan kacang kedelai.

4. Ikan Salmon
Misalnya, ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel. Semua jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik.

5. Buah-Buahan
Misalnya, alpukat, jambu biji, apel, dan jeruk. Buah-buahan mengandung vitamin dan serat yang bisa mengikat kolesterol dari makanan. Kandungan vitamin C dalam buah bisa mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Teh Hijau
Teh hijau dipercaya mampu membilas timbunan lemak dalam tubuh. Teh hijau bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 2 – 5 persen dan mengandung rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan