Cara Mudah Membedakan Daging Sapi dan Daging Kambing

JABAREKSPRES.COM – Hari raya Idul Adha menjadi kebahagiaan bagi seluruh masyarakat. Karena Islam mengajarkan berbagi, saat itu seluruh penyelenggara kurban akan membagi-bagikan daging untuk masyarakat sekitar. Namun kadang masih ada yang binggung bagaimana membedakan antara daging kambing dan daging sapi.

Berbeda dengan di Arab yang banyak membagikan daging onta, di Indonesia, pilihan hewan kurba untuk disembelih pada hari raya kurban adalah sapi dan kambing atau domba.

Untuk mempermudah pembagian, panitia biasanya akan memasukkan daging kambing dan sapi dalam satu plastik bersama. Disinilah perlu membedakan kedua daging dari hewan yang berbeda tersebut. karena cara pengolahannya juga seharusnya berbeda.

Untuk membedakan daging sapi dan kambing sebenarnya sangat mudah, karena bisa dilihat dari beberapa hal, yakni dari sisi warna, aroma, serat, rasa, dan lemak.

1. Warna Daging

Warna daging sapi cenderung berwarna merah pucat dan akan berubah menjadi cokelat gelap ketika terpapar udara. Sementara warna daging kambing adalah merah cerah dan akan berubah pucat keunguan ketika terpapar udara.

2. Aroma daging

Aroma daging kambing sangat khas yakni prengus dan lebih menyengat dibanding daging sapi.

Saat dimasak, aroma tersebut akan mudah hilang pada daging sapi. Untuk daging kambing, aroma tersebut ada potensi masih bertahan ketika tidak dimasak dengan benar.

3. Serat daging

Serat daging sapi lebih kecil dan nyaris tidak terlihat. sementara daging kambing, serat dagingnya lebih tebal dan cenderung kasar. Saat dimasak, daging sapi juga akan sedikit lebih empuk dibandingkan daging kambing.

4. Rasa Daging

Ketika dimasak, daging kambing akan terasa lebih gurih dibandingkan daging sapi. Rasa gurih ini dipengaruhi oleh aromanya.

5. Lemak

Lemak pada daging sapi terlihat seperti garis putih yang memanjang rata dihampir banyak bagian daging. Sedangkan daging kambing, gumpalan lemak hanya berkumpul di bagian tertentu.

 

 

Tinggalkan Balasan