Bolehkah Daging Kurban Diberikan Kepada Nonmuslim, Begini Penjelasan Ustaz abdul Somad

JABAREKSPRES.COM – Penyembelihan hewan kurban sudah bisa dimlai setelah salat Idul Adha, dan masih boleh berlangusng selama hari tasyrik tiga hari kedepan.

Pembagian hewan kurban di masyarakat Indonesia lazimnya dilakukan secara terkoordinir, yakni melalui panitian penyelenggara yang menerima titipan hewan kurban.

Rangkaian kegiatanya meliputi pengumpulan, penyembelihan hingga pembagian hewan kurban.

Namun ada juga yang memilih melaksanakan kurban secara mandiri yakni dengan menyembelih kemudian membagikan daging kurban sendiri kepada tetangga sekitarnya.

Kadang muncul pertanyaan bagaimana jika pembagian daging kurban diberikan kepada tetangga yang nonmslim, apakan diperbolehkan.

Permasalahan ini mendapat penjelasan dari ustaz Abdul Somad dalam video yang diunggahnya di akun youtube resminya Ustadz abdul somad official.

Pembagian daging kurban bisa diibaratkan sebagai hadiah atau sedekah, sehingga memberi daging kurban kepada Nonmuslim diperbolehkan.

“Dan kurban itu masuk kategori hadiah. Begitu kata Atiyah Sahor, ulama al-Azhar, Mesir, dalam fatawaa al-Azhar (fatwa-fatwa al- Azhar) boleh memberikan kurban bagi Nonmuslim,” kata Ustaz Abdul Somad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.