Sarankan Pakai Plastik Saat Kurban, Yana: Untuk Kesehatan

Jabarekspres.com, Bandung – Pelaksanaan hari raya Idul Adha 1443 H/2022 Masehi, semakin dekat. Namun kegiatan pemotongan hewan kurban pada tahun ini sedikit riskan.

Pasalnya, perayaan hari besar umat Islam itu bertepatan dengan mewabahnya penyakit menular mulut dan kuku (PMK) di Indonesia.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pun menuturkan, dalam meminimalisir penyebaran kasus. Perihal pembungkusan daging hewan kurban selepas dipotong, masyarakat diimbau menggunakan plastik.

“Resiko kalau (pakai, red) besek bambu, itu nanti darah menempel. Khawatirnya bakal berceceran,” tuturnya kepada wartawan, Kamis (7/7).

Lain halnya, kata Yana, apabila daging kurban dibungkus plastik atau kantong kresek. Lantaran ketat dan tidak membiarkan darah dari daging untuk berceceran.

“(Karena) ceceran darah nanti kita tidak tahu. Kalau ternyata ada virusnya, ceceran itu diinjak hewan atau orang, itu jadi penularan,” ungkapnya.

Dia pun mengaku, hal ini sedikit menjadi dilema. Terlebih, penggunaan plastik saat kegiatan potong hewan kurban, tidak dianjurkan.

“Tapi untuk saat ini, sebaiknya mungkin tidak besek atau daun dulu, rawan bocor,” imbuh Yana.

Lantas, dia menyarankan untuk pakai plastik pada Idul Adha tahun ini. “Untuk kesehatan. Bismillah ini salah satu ikhtiar kita,” pungkasnya.***(zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan