Persib: PT. LIB Tidak Adil Sebab Mengesampingkan Asas Fair Play

Jabarekspres.com — Draf jadwal pertandingan Persib di Liga 1 2022/2023 dinilai mengindahkan asas fair play. Persib lantas melayangkan protes karena jadwal pertandingan itu akan merugikan tim.

Bagaimana tidak, dari 17 laga putaran pertama Liga 1 2022/2023, Persib hanya mendapatkan dua laga yang digelar pada sore hari. Sisanya, para punggawa Maung Bandung harus bertanding pada malam hari.

Jadwal tersebut tidak adil sebab, di sisi lain, banyak tim peserta Liga 1 2022/2023 yang mendapatkan jatah bermain pada sore hari dengan porsi yang cukup. Namun, itu tidak berlaku bagi Maung Bandung.

Pelatih Robert Alberts pun turut mengomentari ketidakadilan jadwal bertanding tim besutannya itu. Ia berharap jadwal ini berubah. Sesuai dengan asas fair play.

“Harus ada asas fair play bagi setiap tim. Apa yang terjadi jika di setiap laga bermain 8:30 atau bahkan 8:45 di laga pembuka, kami harus kembali larut malam ke hotel dan keesokan harinya melakukan perjalanan, tentu pemain akan merasa kelelahan,” kata Robert Alberts, Rabu (6/7/2022).

Ia mengatakan bahwa jadwal pertandingan seperti itu tidak didapatkan oleh tim lain.

“Sedangkan kami bermain 13 kali malam hari. Jadi ini harus diperhatikan dan menjadi hak kami untuk berdiskusi dengan pihak operator,” katanya menegaskan.

Bukan tanpa alasan, sebab performa dan kebugaran pemain dipertaruhkan karena jadwal pertandingan seperti ini.

Atas dasar itulah Persib juga telah melayang surat keberatan untuk PT. Liga Indonesia Baru (LIB).

Keberatan tersebut disampaikan secara tertulis melalui surat bernomor 05/DIR/-PBB/VII/2022, Bandung, 6 Juli 2022 dan ditandatangani Direktur PT. PERSIB Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono.

Berikut ini merupakan isi surat keberatan dari Persib untuk pihak penyelenggara Liga 1 2022/2023:

“Dengan mempertimbangkan faktor kesehatan dari tim kami serta asas keadilan bagi semua tim peserta Liga 1-2022/2023, bersama ini kami menyampaikan keberatan kami mengenai draf jadwal pertandingan PERSIB Liga 1- 2022/2023, dan berharap tim PERSIB bisa mendapatkan jadwal yang lebih adil dan merata seperti tim-tim lainnya,”

Adapun Liga 1 2022/2023 akan dimulai pada 23 Juli 2022. Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh pihak PSSI lewat laman resminya. Bagaimanapun, jadwal pertandingan kompetisi masih belum diputuskan secara resmi.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan