Gerakan Duta Baca, Upaya Pembiasaan Gemar Membaca di Kalangan Anak Muda

Editor:

Jabarekspres.com, BandungDinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat (Jabar) dalam menggencarkan program pembiasaan gemar membaca, dimulai pada 2017, melahirkan pemilihan duta baca.

Usia para duta baca berkisar pada umur 18 sampai dengan 23. Total sampai saat ini, terdapat 300 duta baca pada tiap daerah se-Jabar.

“Usia siswa dan mahasiswa. Mereka sudah masuk ke dalam paguyuban duta baca,” ungkap Pustakawan Madya, Ika Candrawulan kepada wartawan di ruang kerjanya, kantor Dispusipda Jabar, Kota Bandung, Rabu (6/7).

Pergerakan dari para duta baca, kata Ika, teramat membantu program pembiasaan gemar membaca, khususnya di kalangan anak muda.

“Sangat pas, kemudian, mereka memiliki trik-trik tersendiri. Mereka menjadi mitra kami,” imbuhnya.

Selain itu, Jabar pun telah menjadi pioner sejak 2017 itu untuk nasional. Secara rutin Dispusipda Jabar mengadakan pemilihan Duta Baca dari tahun ke tahun sampai sekarang ini.

“Provinsi lain belum sampai secara rutin adakan pemilihan, jadi Jawa Barat menjadi inspirasi untuk nasional,” katanya.

Berbeda dengan duta baca nasional, dimana dasarnya melalui penunjukan, bukan pemilihan. “Sekarang Gol A Gong, kemarin Najwa Shihab. Itu, kan, dari tokoh yang sangat dikenal di Indonesia,” tuturnya.

Ika menjelaskan, sebaliknya, duta baca ditunjuk melalui pemilihan. Mereka dinilai lewat gerakan literasinya, kinerjanya, program kerjanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.