Rekomendasi PTN Berkualitas dengan Biaya Kuliah Ringan

JABAREKSPRES.COM – Biaya kuliah atau biaya pendidikan saat ini menjadi faktor utama seseorang dalam menentukan pemilihan Perguruan Tinggi. Semua berharap bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkualitas namun dengan biaya kuliah ringan.

Jika demikian keinginannya, maka tidak perlu khawatir, karena banyak perguruan tinggi Negeri yang tidak mematok biaya perkuliahan tinggi.

Meski demikian kualitas pendidikan yang ditawarkan tetap yang terbaik, bahkan lulusannya banyak yang menjadi orang penting di Negeri ini.

Masalah biaya kuliah atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) sering jadi bahan pertimbangan karena menyesuaikan dengan keadaan ekonomi.

Setiap perguruan tinggi pun memiliki biaya kuliah yang beragam. Ini dipengaruhi oleh jalur masuk seperti prestasi, SNMPTN, SBMPTN, atau pun mandiri.

Dari puluhan perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, ada beberapa yang dikenal memiliki biaya pendidikan ringan. Bahkan masih diangka ratusan ribu. Hal ini bisa menjadi referensi untuk menentukan pilihan kampus.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut lima PTN yang masih mematok biaya perkuliahan ringan.

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Banyak yang menyebut Yogyakarta sebagai kota pelajar. Hal ini wajar karena banyak pelajar yang menempuh pendidikan di Jogja karena ada beberapa universitas terbaik yang tersedia.

Belum lagi masalah biaya hidup yang masih tergolong murah dibanding kota besar lainnya, membuat Yogyakarta sering jadi incaran untuk menetap selama pendidikan. Salah satu PTN di Jogja, yang banyak diimcar pelajar adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Biaya pendidikan Sarjana (S1) di UNY ditentukan dari tingkat kemampuan ekonomi orangtua atau wali mahasiswa terhitung masih ringan. Mahasiswa yang diterima dengan jalur SM S1 UNY akan dikenakan minimal UKT III dan Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA).

Dari semua jurusan yang berasal dari 7 fakultas, biaya pendidikan di UNY paling murah akan dikenakan pada UKT I, sebesar Rp500 ribu. Lalu, paling tinggi akan dikenakan UKT VII pada jurusan di fakultas teknik, sebesar Rp6,3 juta.

2. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Selain Yogyakarta, Solo juga memiliki PTN berkualitas, yakni Universitas Sebelas Maret. Kisaran biaya UKT ini mulai dari Rp475 ribu sampai Rp4 jutaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan