Airlangga Hartarto Kehilangan Teman Diskusi Seperti Tjahjo Kumolo

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku sangat kehilangan dengan sosok Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dalam diskusi terkait pemerintahan dan politik.

Dimata Menko Airlangga, Tjahyo Kumolo merupakan sosok panutan yang sering memberikan berbagai masukan tentang pemerintahan mapun politik.

Tjahyo Kumolo adalah sosok pekerja, dan selalu memberikan teladan dan contoh terhadap jajarannya. Dia sering memberikan nasehat dan motivasi agar terus meningkatkan kinerja.

“Jadi saya sangat kehilangan dan secara rutin Almarhum Pak Tjahjo itu sering memberikan data-data dan masukan, baik tentang kepemerintahan maupun politik. Jadi, saya sangat kehilangan seorang yang sangat baik,” kata Airlangga saat melayat ke rumah duka di Kompleks Widya Candra, Jakarta Selatan, Jumat. (1/7).

Airlangga mengenal Tjahjo sebagai seorang senior dan mentor karena banyak memberikan dukungan dalam menjalankan tugas sebagai menteri.

“Selama di Kabinet (Indonesia Maju), kami cukup dekat dan saling bertukar informasi, dan juga tentu sangat membantu di dalam proses terkait dengan perubahan atau perputaran di ASN,” katanya.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta, Jumat siang, pukul 11.10 WIB, usai menjalani perawatan intensif sejak pertengahan Juni. Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini mengonfirmasi berita duka tersebut melalui pesan singkat.

“Bapak Menteri (Tjahjo Kumolo) telah dipanggil Allah Swt pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya,” ujar Rini.

Sebelum berkarir politik di Ibu Kota Jakarta, semasa muda Tjahjo Kumolo aktif di KNPI Jateng dan pernah menjadi politikus Golkar sebelum akhirnya bergabung dengan PDI Perjuangan.

Di DPP PDI Perjuangan, Tjahjo pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal (sekjen), kemudian menjadi menteri dalam negeri, dan terakhir sebagai Menpan RB.

Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 dan meninggal pada usia 62 tahun.

Dikutip dari laman pribadinya, Almarhum merupakan tokoh politik Indonesia dan dipersaya sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan