5 Karbohidrat yang Aman untuk Penderita Diabetes, Catat Ya!

Jabarekspres.com – Para penderita diabetes tidak disarankan untuk makan nasi putih, sebab bisa membuat kadar gula darah menjadi naik.

Meskipun begitu, bukan berarti para penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi karbohidrat. Karena, kini banyak makanan yang bisa digunakan sebagai penggantinya.

Jadi, para penderita diabetes tetap boleh mengonsumsi karbohidrat, dengan pilihannya yang tepat yakni karbohidrat kompleks.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber. berikut ini 5 karbohidrat yang aman untuk penderita diabetes, catat ya!

1. Ubi Jalar

Ubi jalar sangat bagus sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi putih. Anda bisa mengolah ubi jalar dengan cara yang sehat seperti dikukus, direbus ataupun dibakar.

2. Jagung

Selain Ubi Jalar, Jagung juga termasuk ke dalam karbohidrat yang direkomendasikan. Lalu, dalam 100 gram jagung terdapat kurang lebih 140 kalori.

Ketika Anda ingin mengonsumsinya, sebaiknya mengolahnya dengan sehat dan jangan sampai berlebihan.

Imbangi juga dengan konsumsi protein, misalnya ikan, ayam, telur, lemak sehat, vitamin dan mineral.

3. Beras Merah

Beras merah sangat cocok untuk dijadikan pengganti beras putih, sebab rendah kalori, tinggi serat, dan termasuk indeks glikemik rendah.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena beras merah tidak akan membuat gula darah naik.

Manfaat beras merah diantaranya terdapat mineral dan vitamin, yaitu vitamin B, zat besi, kalsium, dan seng.

4. Beras Basmati

Beras basmati merupakan beras yang baik untuk penderita diabetes, sebab mengandung indeks glikemik yang rendah sekitar 40 sampai dengan 60.

Memang, berat basmati ini mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda dari beras pada umumnya, yaitu butirannya lebih panjang dari beras biasanya.

Selain itu, beras ini juga terbagi menjadi dua, ada yang berwarna putih dan coklat.

Beras yang berwarna putih yaitu per 100 gr mengandung sekitar 150 kalori, 3 gr protein dan 35 gr karbohidrat.

Lalu, beras basmati yang coklat per 100 gr mengandung sekitar 160 kalori, 1,5 gr lemak, 3,8 gr protein, 33, 8 karbohidrat dan 3 gr serat.

5. Gandum

Gandum yang sering dikonsumsi penderita diabetes adalah oatmeal, oatmeal ini merupakan makanan tinggi serat, indeks glikemik yang rendah, tidak gampang lapar, dan bisa mengendalikan kadar gula darah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan