Puncak Hujan Meteor di Indonesia Terjadi Hari ini, Berikut Waktu yang tepat Untuk Menyaksiikannya

JABAREKSPRES. COM -Peristiwa langka yang banyak dinanti umat manusia akan terjadi pada hari ini. Hujan meteor yang terjadi sepanjang tahun 2022, akan mencapai puncaknya atau disebut june bootid pada Senin (27/5) sore ini.

Dilansir dari instagram @astropedia.id, di Indonesia hujan meteor terbanyak akan terjadi pada pukul 15.00 WIB atau pukul 3 sore ini.

“Sementara transit hujan meteor akan terjadi pada pukul 20.31 WIB malam dan akan berakhir pada pukul 02.03 dini hari esok selasa (28/6). ” Demikian tulisan diketerangan akun instagram tersebut.

Peristiwa unik diatas langit Indonesia ini tidak hanya terjadi pada Senin ini saja. Karena fenomena langit bertabur cahaya meteor ini akan terus terjadi hingga akhir Juni nanti. Bahkan berdasar perkiraan para ilmuwan hujan meteor bisa terjadi hingga awla Juli nanti.

Fenomena june bootid dibeberapa wilayah Indonesia, akan jelas terlihat saat mulai senja. Dan bila cuaca cerah maka akan bisa terlihat hingga dini hari.

Saat terbaik untuk melihat hujan meteor adalah saat sudah masuk waktu malam, atau saat langit sudah gelap.

Maka, bagi yang beruntung akan dapat melihat dengan mata telanjang tanpa alat bantu. Namun itu juga tergantung seberapa besar meteor dan kondisi cuaca.

Pengamat dibelahan bumi utara akan lebih beruntung dibanding yang berada diselatan. Karena pancaran cahaya meteor bootid akan terletak jauh lebih tinggi di langit malam.

Sementara dilansir dari laman TheSkylive, rekomendasi untuk menyaksikan fenomena laangit ini, adalah saat menjelang matahari tenggelam, atau sekitar pukul 15.00 WIB. (rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan