Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Sepak Bola U-20, Timnas Israel U-20 Berhak dan Akan Berpartisipasi

Editor:

Jabarekspres.com — FIFA telah menyerahkan tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola U-20 pada Indonesia. Adapun perhelatan sepak bola itu akan mulai bergulir pada tahun depan.

Rencananya, kompetisi ini akan dimulai pada Mei sampai Juni 2023 mendatang.

Timnas Israel U-20 juga dipastikan lolos dalam Piala Dunia U-20 tersebut. Oleh karena itu, mereka berhak pula datang ke Indonesia untuk berlaga.

Dengan begitu, hal tersebut tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi Timnas Israel U-20 ini.

Hal ini cukup mendapat sorotan. Pasalnya, Israel tak memiliki hubungan diplomatis dengan Indonesia. Dengan demikian, lolosnya Timnas Israel U-20 ke dalam kompetisi ini menjadi isu tersendiri bagi tuan rumah, Indonesia.

Israel lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 setelah menempati runner-up Grup B Piala Eropa U-19.

Hasil ini memastikan lima tim yang sudah lolos ke Piala Dunia U-20. Selain Indonesia selaku tuan rumah, ada juga Inggris, Prancis, Italia, dan terakhir Israel.

Wakil Eropa sejatinya masih kurang satu lagi. Posisi tersebut akan diperebutkan oleh Slovakia dan Austria yang merupakan tim penghuni peringkat ketiga di fase grup Piala Eropa U-19.

Sebelumnya, muncul pertanyaan yang ramai dibicarakan beberapa kalangan. Israel tidak punya hubungan diplomatis dengan Indonesia.

Ditambah lagi, isu konflik Israel-Palestina juga selalu menjadi topik spesial di Indonesia sendiri.

Menanggapi hal tersebut, Menpora Zainudin Amali memastikan setiap negara yang lolos ke Piala Dunia U-20 berhak datang ke Indonesia dan tidak ada alasan untuk menolak mereka masuk.

“Mereka (Israel, red) tetap bisa datang bermain karena itu sudah dibahas sejak 2019. Semua negara yang lolos FIFA World Cup U-20, kami persilakan main,” katanya, saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu.

Kondisi tersebut juga tak perlu jadi bahasan yang diangkat terus-menerus karena menurut Amali, olahraga tidak ada hubungannya dengan politik, plus FIFA juga sudah mengingatkan Indonesia.

“Siapa pun negara yang lolos, harus bisa main di Indonesia. Jadi, enggak ada masalah,” tegas Amali.

FIFA sudah datang dan melakukan kunjungan ke sejumlah stadion-stadion yang akan digunakan di pertandingan Piala Dunia U-20 itu.

Setelah melihat kesiapan Indonesia, barulah dewan FIFA memutuskan untuk menggelar Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.*** (JPNN/RC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.