KCD Wilayah VII Dorong LKS SMKN 4 Bandung Bisa Wakili Indonesia di Tingkat Dunia


BANDUNG – Kepala Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah VII, Firman Oktora, atau biasa disapa Firo, berharap ada wakil Indonesia dari kota Bandung di ajang Asean Skills Competition (ASC) dan World Skills Competition (WSC).

 

Hal itu ia utarakan saat meninjau SMKN 4 Kota Bandung, salah satu penyelenggara Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK se-Kota Bandung tahun 2022, Jumat (24/6/2022).

 

Diketahui LKS merupakan lomba tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan di sekolah.

 

“Kegiatan LKS ini sangat baik untuk menguji kompetensi para siswa SMK,” kata Firo di SMKN 4 Kota Bandung, Jalan Kliningan.

 

“Kita punya target juara di tingkat nasional,  mewakili bahkan bisa juara ditingkat dunia (World Skills Competition),” imbuhnya.

 

Adapun tahapannya kata Firo dari tingkat kota, mewakili ke tingkat provinsi dan nasional.

 

Saat ditanya upaya untuk mewujudkan itu, menurut Firo dengan adanya dukungan penuh dari MKKS yang memberikan program pelatihan bagi siswa termasuk guru pembimbingnya, ia yakin akan capaian itu.

 

“Nanti juga kita akan berikan reward bagi para pemenang baik itu dari sekolah, MKKS dan sponsor,” tandasnya.

 

Di kesempatan yang sama Agung Indaryatno Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Bandung, menambahkan bahwa SMK di kota Bandung memiliki infrastruktur dan sumber daya manusia yang sangat kompeten.

 

“Didukung dengan sarana prasarana dan sumber daya guru, kami siap menjadi juara nasional dan ketingkat yang lebih tinggi,” kata Agung.

 

Sedangkan Agus Kepala SMKN 4 Kota Bandung, sebagai tuan rumah lomba Electronika, IT Software Solution For Businees, Robotoca (Mobile Robotocs) dan Teknologi Keamanan Siber (Cyber Security), siap memujudkan target dari Firo.

 

Lebih lanjut kata Agus, kegiatan itu dilaksanakan dari tanggal 22 Juni 2022, akan berakhir Senin 27 Juni 2022.

 

“Sekolah mengirimkan duta-dutanya dan mencari yang terbaik mewakili Kota Bandung di ajang lebih tinggi yaitu tingkat provinsi. Syukur-syukur bisa mewakili kota Bandung di tingkat provinsi dan internasional,” kata Agus.

 

Agus juga menjelaskan bahwa siswa SMKN 4 Kota Bandung pernah menjadi juara IT Dunia di Korea Selatan tahun 2017.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan