7 Cara Agar Terhindar dari Dehidrasi di Tengah Cuaca Panas

Jabarekspres.com — Penyebab dehidrasi yaitu sering berkativitas di luar ruangan saat cuaca panas. Nah, ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan salah satunya rutin menghidrasi tubuh.

Pemanasan global yang paling terasa yaitu cuaca yang lebih panas dibandingkan sebelumya. Hal tersebut adalah salah satu akibatnya.

Apakah kamu tahu jika suhu udara yang meningkat akan mengakibatkan lebih panas dapat memengaruhi metabolisme tubuh? Bahkan suhu udahara di Jakarta di siang hari bisa mencapai 39-40°c.

Pengaruh cuaca yang panas terhadap tubuh tidak boleh diabaikan, apalagi jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, karena akan menyebabkan kulit me jadi kering dan kandungan air di dalam lapisan hilang.

Nah, berikut beberapa cara sehat mengahadapi cauca panas yang harus anda ketahui.

Pengaruh Cuaca Panas Terhadap Tubuh

Anda akan mengalami dehidrasi jika cuaca yang sangat panas. Anda akan mendapatkan resiko berikut jika tubuh di biarkan ketika berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama.

1. Heat Cramps

Jika kamu bekerja atau berolahraga pada saat cuaca sedang panas heat cramps akan terjadi.

Selain itu, heat cramps pun akan terjadi jika melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, tetapi hanya minum air putih yang sedikit sampai tubuh kekurangan elektrolit dan akan mengakibatkan otot menjadi kram yang biasanya terjad di betis, baju, serta paha.

2. Heat Exhaustion

Pada saat anda berada di bawah suhu panas yang sangat tinggi dan beserta dengan dehidrasi, maka akan menyebabkan heat exhaustion. Heat exhaustion memiliki 2 jenis, diantaranya:

– Kekurangan cairan. Ciri-cirinya adalah rasa haus yang sangat besar, lesu, sakit kepala dan pingsan.
– Kekurangan garam yang dapat menyebabkan mual dan muntah-muntah, kram otot dan pusing.

Walaupun tidak termasuk kondisi yang serius, tapi heat exhaustion tetap tidak boleh dianggap ringan, karena dapat berkembang menjadi heat stroke.

3. Heat Stroke

Ini adalah kondisi paling serius yang bisa disebabkan oleh cuaca panas. Heat stroke dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan organ dalam tubuh lainnya, bahkan kematian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan