5 Gunung Tertinggi di Dunia

JabarEkspres.com – Semua orang tampaknya tidak ragu untuk menjawab bahwa Gunung Everest adalah gunung yang paling tinggi di dunia. Tidak diragukan lagi bahwa ketenaran Gunung Everest ini sudah terkenal di seluruh dunia. Namun, Gunung Everest tidak sendirian sebagai gunung tertinggi di dunia. Berikut ini merupakan 5 gunung tertinggi di dunia.

Harus diketahui terlebih dahulu bahwa hampir kebanyakan gunung-gunung tertinggi yang ada di dunia itu terletak di benua Asia. Jadi, Gunung Everest boleh saja merupakan “raja” gunung tertinggi di dunia, namun masih ada sembilan gunung tertinggi yang ada di dunia.

  1. Gunung Everest

Ketinggian gunung ini tidak memiliki angka yang pasti hingga sekarang. Namun, menurut berbagai sumber, ketinggian dari gunung ini adalah 8.848,86 meter di atas permukaan laut.

Potret Gunung Everest. (Foto: Wikimedia Commons)

Sudah tak perlu diragukan bahwa Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya. Gunung Everest adalah impian bagi para pendaki sejati di seluruh dunia.

Oleh karena itu banyak pendaki yang bermimpi bisa mendaki Gunung Everest. Namun, “menaklukan” gunung ini pastinya tidak akan mudah. Hanya beberapa orang saja yang pernah berhasil mendaki di gunung ini.

Adalah Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada 1953 menjadi dua orang pertama yang berhasil mendaki Gunung Everest. Nama mereka langsung terkenal atas pencapaian luar biasa karena mampu mendaki gunung yang sangat ekstrim ini tentunya.

Saking tingginya, gunung ini mempunyai julukan sebagai “Kepala Langit”. Hal tersebut tidak mengherangkan sebab ia merupakan dataran tertinggi di dunia, seakan menembus langit tak berbatas.

  1. K2

Ya, K2. Itu adalah nama dari gunung tertinggi kedua di dunia. Gunung ini mengambil namanya dari notasi yang digunakan oleh Great Trigonometrical Survey of British India. Pada saat itu, tidak ada nama lokal yang jelas untuk gunung tersebut, sehingga diputuskanlah nama gunung ini sebagai K2.

Potret Gunung K2. (Foto: Wikimedia Commons)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

1 komentar