Desa Babakan Peuteuy Bandung Lakukan Ini untuk Tingkatkan Minat Baca Warga

CICALENGKA – Minat baca warga Desa Babakan Peuteuy, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung dinilai cukup baik meski belum tergolong tinggi. Hal itu diakui oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Babakan Peuteuy, Ricky.

Dia berujar, melalui pengamatannya tak banyak warga yang datang ke perpustakaan desa. Kendati demikian, diakui Ricky, perpustakaan di wilayahnya masih aktif dikunjungi warga walaupun tak banyak.

“Alhamdulillah perpustakaan masih suka didatangi, kebanyakan anak kecil dan remaja yang datang,” kata Ricky kepada Jabar Ekspres di ruang kerjanya, Jumat (24/6).

Menurutnya, minat baca masyarakat yang belum tergolong tinggi disebabkan karena banyaknya kegiatan warga desa baik bekerja atau beternak.

“Sementara, kita upayakan dengan memfasilitasi kebutuhan bacaan warga di perpustakaan desa, kita lengkapi buku-bukunya,” ucap Ricky.

Dikatakan Ricky, perpustakaan yang bertempat di area Kantor Desa Babakan Peuteuy, saat ini tengah dalam tahap pembenahan usai dijadikan posko Covid-19.

“Kemarin karena ada PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), jadi perpustakaan sementara kita jadikan posko Covid-19,” paparnya.

Dia menerangkan, melengkapi perpustakaan dengan bermacam buku bacaan merupakan upaya pihak desa supaya warganya kaya akan literasi.

Adapun target peningkatan minat baca bagi warganya, dijelaskan Ricky, akan difokuskan pada anak-anak hingga remaja sebagai regenerasi atau penerus bangsa.

“Tapi tetap kita juga mengajak warga (usia dewasa) dalam minat baca. Buku sudah cukup banyak bahkan sempat ada yang kita bagikan kepada yang membutuhkan,” ujarnya.

Ricky menuturkan, rencana ke depannya pihak Desa Babakan Peuteuy disamping memfasilitasi kebutuhan warga terhadap kekayaan wawasan dan pengetahuan, akan merangkul pemuda-pemudi supaya bisa aktif di perpustakaan desa.

“Tujuannya supaya terasa hangat dan tidak jenuh perpustakaan. Bisa menjadi daya tarik minat baca warga juga,” imbuhnya.

Ricky menilai, pada era digitalisasi ini disamping perlu mengikuti kemajuan zaman harus diimbangi dengan wawasan dan ilmu pengetahuan.

Meski dengan menggunakan perangkat gawai bisa mengakses bermacam informasi, namun membiasakan diri dalam membaca perlu dibiasakan salah satunya melalui buku.

Tak hanya bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, namun juga dapat meningkatkan gairah atau minat baca dalam kehidupan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan