oleh

Dilepas Hari Ini, Tim Pemeriksa Mulai Sidak Pedagang Hewan Kurban

BANDUNG – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, mulai melakukan sidak hari ini. Tim telah resmi dilepas oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung. Tim pemeriksa hewan akan segera memantau lokasi penjualan hewan ternak di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung.

Petugas Pemeriksa Ante Mortem Hewan Kurban DKPP Kota Bandung Nanang Rusman memaparkan, selain melakukan pendataan, tim juga melakukan pemeriksaan kondisi hewan. Pemeriksaan tersebut meliputi suhu tubuh, kesehatan mulut, mata, telinga, kuku, dan panca indra lainnya.

Baca Juga:  Youtuber Ini Bagikan Keadaan Bendungan Engehalde Sebelum Eril Ditemukan

“Seluruh data akan langsung di input ke aplikasi e-Selamat, dimana masyarakat dapat melihat data hewan ternak yang akan dibeli, mulai dari nama penjual, jenis hewan, lokasi lapak, tanggal pemeriksaan, usia hewan, kondisi badan, status, ketersediaan SKKH, foto atau gambar hewannya, melalui barcode yang kita kasih,” ujarnya kepada Jabar Ekspres di Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (23/6).

Aplikasi hasil kerja sama DKPP Kota Bandung dengan Universitas Telkom ini, ucap Nanang, dapat diunduh secara gratis di Play Store. Calon pembeli dapat melihat data dan kondisi hewan yang akan dibeli, hanya dengan memindai kode batang (barcode) yang telah disematkan di setiap hewan yang telah lolos pemeriksaan.

Baca Juga:  Berikut Prosesi Kedatangan Jenazah Eril , Menurut Juru Bicara Keluarga

“Alhamdulillah sudah diperbaiki dan dilengkapi aplikasinya, jadi seluruh wilayah sudah dapat terdeteksi dalam sistem,” bebernya.

Aplikasi E-Selamat, yang merupakan singkatan dari Sehat, Layak dan Semakin Tenang ini, merupakan inovasi dari DKPP Kota Bandung untuk memudahkan masyarakat. Selain itu juga untuk memperoleh jaminan keamanan membeli dan mengkonsumsi hewan kurban.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.