Menelusuri Misteri Keberadaan Kerajaan Ular di Rancaoray

JABAREKSPRES.COM – Bandung memiliki berjuta misteri yang tersimpan di tiap wilayahnya. Nama sebuah daerah kadang disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di wiayah tersebut. Salah satunya Rancaoray.

Lokasi yang berada diperbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung ini, tidak seperti dulu yang masih sepi. Kini terbilang cukup ramai dilintasi masyarakat apalagi di akhir pekan, menjadi lokasi favorit para goweser. Kampung Rancaoray berada di desa Buahbatu Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Menurut penghuni asli kampung ini, alasan diberi nama Rancaoray, adalah karena kawasan tersebut dulunya merupakan Pusat Kerajaan ular.

Asal kata Ranca Oray sendiri diambil dari bahasa sunda yang terdiri dari dua kata, yakni Ranca yang berarti rawa dan Oray yang berarti ular. Apa bila digabungkan, maka akan menjadi istilah rawaular, atau rawa yang dipenuhi dengan ular.

Seorang warga asli Rancaoray bernama Imas berusia 85 tahun, berkesempatan cerita mengenai legenda kisah kerajaan ular diwilayah tersebut. Imas mengaku dilahirkan dan dibesarkan di kawasan tersebut. Bahkan hingga kini dia masih betah tinggal di kampung yang diakuinya masih terdapat banyak ular. Imas juga menunjukkan luka dikakinya yang masih berbekas saat di gigit ular Cobra beberapa bulan lalu.

Menurut Cerita Imas, dia mengetahui kisah kerajaan ular tersebut dari orang tuanya yang juga warga asli Rancaoray. Kerajaan ular yang didengarnya memang belum pernah disaksikan dengan matanya sendiri. Namun jejak kerajaan ular tersebut diyakininya masih ada, terbukti masih seringnya ada kemunculan ular besar dan panjang disekitar wilayah tersebut.

“Saya melihat dengan mata kepala sendiri, ada ular besar melintas di jalan ini. Tidak kelihatan kepalanya hanya badannya yang panjang dan buntutnya saja,” ujarnya sambil menunjuk kesebuah jalan yang kanan kirinya ditumbuhi semak cukup tinggi.

Imas mengaku tidak hanya sekali melihat penampakan tersebut, karena takut, dia tidak berani mendekat hanya berdoa agar ular tersebut cepat pergi dari hadapannya, dan dia bisa segera melewati jalan tersebut.

Kejadian lain juga dia ceritakan, saat dirumahnya yang berada didekat area persawahan. Ular kecil berulang kali memasuki rumahnya. Bahkan luka dikakinya juga dia dapat saat digigit ular didalam rumahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan