18 Tahun Sekali, Fenomena Lima Planet Sejajar Terjadi Besok Subuh

Jabarekspres.com – Besok, Jumat (24/6) subuh akan terjadi fenomena 5 planet akan sejajar. Fenomena ini sangat langka, karena terjadi setiap 18 tahun sekali.

Lima planet yang sejajar itu yakni ada Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan sejajar pada Jumat pagi, tepat sebelum matahari terbit.

“Bangunlah lebih awal, sebelum matahari terbit, dan lihat ke timur untuk mencari planet-planet yang terbit. Jika cuaca cerah, penyelarasan seharusnya tidak salah lagi akan terjadi,” ujar koordinator planetarium Universitas Wyoming AS, Max Gilbraith kepada Cowboy State Daily pada Rabu (22/6) kemarin.

Melansir dari laman cowboystatedaily, waktu matahari terbit tidak bersamaan di Wyoming, AS maka disarankan untuk memeriksa terlebih dahulu kapan fenomena itu akan terjadi di daerah Anda dan bangunlah sebelumnya.

Mulai dari 5:19 di Gillette hingga 5:21 di Sheridan hingga 5:26 di Cheyenne hingga 5:35 di Riverton hingga 5:42 di Jackson hingga 5:52 di Evanston, dan semua titik di antaranya.

Sementara jika di Indonesia waktu yang tepat melihat fenomena 5 planet sejajar yakni sekitar pukul 04.30 WIB sampai 05.30 WIB.

Kondisi cuaca di beberapa bagian negara bagian itu, yang membentang dari Cheyenne hingga Casper hingga Worland, akan cerah pada Jumat pagi dengan kemungkinan hujan dan badai pada sore hari, menurut Layanan Cuaca Nasional.

Bagian lain, seperti Cody dan Gillette, diperkirakan akan diguyur hujan pada Jumat pagi, yang dapat mempengaruhi visibilitas keselarasan planet.

Menurut outlet sains Live Science, “penjajaran” planet-planet sebenarnya adalah tipuan perspektif dan bahwa planet-planet itu sebenarnya tidak berada dalam garis lurus di ruang angkasa. Planet-planet mengorbit matahari pada bidang datar dan ketika mereka lewat cukup dekat satu sama lain, tampak dari Bumi bahwa mereka telah sejajar.

Outlet tersebut juga melaporkan bahwa garis planet akan berada di urutan jarak planet dari matahari.

Merkurius mengelilingi matahari setiap 88 hari Bumi, Venus setiap 225 hari, Mars setiap 687 hari, Jupiter setiap 12 tahun dan Saturnus setiap 29 tahun.

Bagaimana Dengan Uranus?

Kedelapan planet tidak akan pernah sepenuhnya sejajar, karena tidak semuanya berada di jalur orbit paralel dan beberapa orbitnya miring dibandingkan dengan yang lain, menurut outlet berita WUSA9.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan