18 Tahun Sekali, Fenomena Lima Planet Sejajar Terjadi Besok Subuh

Menurut outlet sains Live Science, “penjajaran” planet-planet sebenarnya adalah tipuan perspektif dan bahwa planet-planet itu sebenarnya tidak berada dalam garis lurus di ruang angkasa. Planet-planet mengorbit matahari pada bidang datar dan ketika mereka lewat cukup dekat satu sama lain, tampak dari Bumi bahwa mereka telah sejajar.

Outlet tersebut juga melaporkan bahwa garis planet akan berada di urutan jarak planet dari matahari.

Merkurius mengelilingi matahari setiap 88 hari Bumi, Venus setiap 225 hari, Mars setiap 687 hari, Jupiter setiap 12 tahun dan Saturnus setiap 29 tahun.

Bagaimana Dengan Uranus?

Kedelapan planet tidak akan pernah sepenuhnya sejajar, karena tidak semuanya berada di jalur orbit paralel dan beberapa orbitnya miring dibandingkan dengan yang lain, menurut outlet berita WUSA9.

Akan tetapi ada kemungkinan bahwa orang-orang di Bumi terkadang dapat melihat ketujuh planet di langit malam yang sama, meskipun hal itu tidak akan terjadi dalam beberapa kehidupan mendatang.

Kesempatan berikutnya akan terjadi pada 6 Mei 2492. Tanggal ini dapat berubah jika para astronom menemukan planet lain. Perlu dicatat bahwa Pluto tidak lagi dianggap sebagai planet. (disway)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.