Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Stress di Akhir Bulan, Simak Yuk!

Jabarekspres.com – Apakah Anda sulit mengelola keuangan? Bahkan, uang selalu habis padahal belum waktunya gajian? Berikut ini ada tips dalam mengatur keuangan.

Mungkin ada sebagian orang yang ketika mendapatkan gaji, lantas tidak ragu untuk membeli barang atau kebutuhan yang sesuai keinginannya.

Padahal, ketika Anda tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, maka bisa dipastikan akan stress di akhir bulan akibat tidak tersisa uang di dompet.

Lantas, bagaimana tips mengatur keuangan yang benar? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Rabu 22 Juni 2022, simak tipsnya.

1. Buat Catatan Keuangan

Membuat catatan keuangan bisa menjadi cara untuk menuliskan pengeluaran-pengeluaran yang Anda keluarkan selama sebulan.

Selain itu, Anda juga bisa mudah mengevaluasi pengeluaran selama sehari, sebulan, atau bahkan setahun.

Jadi, jangan malas dan lupa untuk selalu mencatat pengeluaran setiap harinya.

2. Tentukan Target Kamu di Masa Depan

Apakah Anda ingin segera memiliki barang di idamkan misalnya mobil atau rumah? Sehingga, motivasi ini bisa membantu dalam mengelola keuangan.

Kuncinya yaitu catat apa saja yang ingin Anda raih beserta harganya, agar semakin termotivasi untuk giat bekerja serta menghemat dan menabung untuk masa depan.

3. Gunakan Metode 50/30/20

Metode 50/30/20 pernah dipopulerkan oleh Elizabeth Warren melalui bukunya yang berjudul “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”.

Metode ini mengharuskan Anda memilah uang ke dalam 3 kelompok besar, yaitu 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan kamu, 20% untuk tabungan dan investasi.

4. Coba Peraturan 30 Hari

Metode 30 hari adalah ketika Anda menginginkan sesuatu, tunggulah 30 hari terlebih dahulu sebelum membelinya.

Jika setelah 30 hari masih menginginkannya, maka bisa untuk membelinya. Namun, jika Anda tidak lagi menginginkannya, barang tersebut sebenarnya bukanlah barang yang diperlukan.

5. Hindari Cicilan

Sebaiknya Anda tidak mudah tergiur oleh penawaran cicilan di dari berbagai macam toko. Sebab, pengeluaran bulanan nantinya akan bertambah,

Jadi, bijaklah dalam menentukan cicilan apa yang akan Anda ambil atau jangan ambil cicilan sama sekali.

6. Hati-hati dengan Pengeluaran Besar dalam Waktu Singkat

Anda termasuk orang yang sering jalan-jalan ke mall? biasanya orang akan khilaf membeli semua barang yang dirasa suka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan