Lari Sore Ternyata Mempunyai Banyak Manfaat! Ini Dia Manfaatnya

Jabareskpres.com- Ada sebagian orang yang terlalu sibuk dipagi hari sehingga tidak sempat untuk berolaraga lari atau joging. Sehingga mereka memilih sore hari untuk berolahraga, lalu apakah ada manfaat lain lari di sore hari? Berikut penjelasannya.

Lari merupakan olahraga yang termasuk dalam olahraga kardio yang mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan organ jantung.

Tapi taukah kamu bahwasanya pemilihan waktu dalam olahraga lari atau joging itu mempengaruhi kesehatan dan kualitas dari olahraga itu sendiri?

Lari di sore hari ternyata merupakan salah satu waktu yang pas untuk olahraga ini. dikarenakan pada sore hari performa tubuh untuk beraktivitas lebih optimal.

Berikut adalah manfaat berolahraga lari di sore hari

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Olagraga sore memberikan manfaat untuk mengontrol gula darah dibandingkan dengan pagi hari. Maka dari itu penderita diabetes sangat dianjurkan untuk berolahraga di sore hari.

Metabolisme tubuh yang meningkat di sore hari membantu menurunkan kadar gula darah pasien diabetes tipe 2 dengan lebih baik.

Hal ini dikarenakan tubuh lebih sensitif terhadap insulin sehingga hormon ini dapat membantu memproses gula darah menjadi energi.

 

  1. Meningkatkan performa olahraga

Pada sore hari adabya peningkatansuhu inti tubuh secara maksmial. Naiknya suhu inti tubuh ini akan memberikan efek yang serupa dengan pemanasan olahraga.

Otot-otot tubuh lebih mudah untuk berkontraksi sehingga tidak kaku saat lari. Selain itu, puncak kekuatan otot juga berada pada siang hari.

Semua aspek tersebut membuat tubuh bergerak lebih optimal saat jogging sore. Oleh karena itu, performa olahraga pun meningkat.

 

  1. Mengurangi emosi negatif

Jika kamu sedang merasa stres atau pun galau, cobalah lari di sore hari. Kenaikan temperatur pada sore hari ini membuat batang otak menjadi hangat.

Efeknya, Anda akan merasa lebih rileks dan ketegangan pun berkurang. Secara keseluruhan, perasaan cemas dan gejala depresi pun bisa menurun.

Tak hanya itu hormon endorfin, serotonin, dopamin, dan norepinefrin akan meningkat.

Peningkatan hormon tersebut menciptakan suasana hati yang lebih positif sehingga Anda merasa kondisi mental membaik secara menyeluruh.

Tinggalkan Balasan