Fenomena Langka! 5 Planet Sejajar Dengan Bumi, Apa Dampaknya?

Jabarekspres.com- Pada bulan Juni ini terdapat fenomena langka astronomi, yakni planet bumi akan sejajar dengan 5 planet di galaksi bima sakti. Lalu apa dampaknya bagi bumi? Berikut penjelasannya.

Selain fenomena langka bulan stoberi yang muncul di bumi, fenomena sejajarnya 5 planet yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan sejajar.

Fenomena ini disebut langka karena fenomena serupa terjadi pada 158 tahun lalu atau lebih tepatnya pada tanggal 5 Maret 1864.

Apakah fenomena ini bisa dilihat dari bumi?

uniknya adalah fenomena planet sejajar ini bisa disaksikan oleh penduduk bumi termasuk penduduk Indonesia.

Hal ini dikonfirmasi oleh Peneliti Astronomi dan Astrofisika BRIN, Clara Yatini mengatakan bahwa fenomena langka lima planet sejajar ini bisa dilihat juga di Indonesia.

Bahkan, kita bisa mengamatinya dengan mata langsung atau tanpa bantuan alat pencitraan seperti teropong.

Fenomena langit di bulan Juni 2022 adalah lima planet sejajar galaksi Bima Sakti (Milky Way) akan terlihat sejajar dari Bumi.

Dari fenomena lima planet sejajar tersebut, planet Venus dan Jupiter akan menjadi yang paling mudah dilihat.

Kapan fenomena langka ini bisa disaksikan?

Fenomena planet sejajar ini bisa disaksikan mulai tanggal 24 Juni 2024. Adapun jadwal terlihanya planet sebagai berikut:

  • Planet Venus berada tepat di atas cakrawala sekitar pukul 04.00 pagi
  • Mars dan Jupiter terlihat sekitar pukul 02.45 pagi.
  • Saturnus naik di atas cakrawala sekitar pukul 01.30. tetapi planet Saturnus akan terlihat lebih redup daripada planet lainnya.
  • Planet Merkurius akan menjadi yang paling sulit ditemukan karena baru terbit sekitar pukul 04.30 pagi dan kalah terang dengan cahaya matahari.

Lalu apa dampak dari fenomena tersebut terhadap bumi?

Sebagaimana kita ketahui, banyak fenomena langit yang memepengaruhi bumi seperci contoh  gerhana Bulan dan gerhana Matahari, selain itu fenomena fase Bulan yang berakibat pada pasang surut air laut.

Namun tak ada dampak apa-apa bagi bumi atas terjadinya fenomena sejajarnya 5 planet yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus ini.

Itulah beberapa informasi mengenai fenomena langka yang bisa kamu saksikan mulai 24 Juni 2022. Namun fenomena ini hanya bisa dilihat pada waktu dini hari. Bagi kamu yang ingin melihatnya haruslah bangun lebih awal.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan