Tips Aman Mendaki Gunung Rinjani dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula

Jabarekspres.com – Gunung Rinjani merupakan lokasi favorit bagi para pecinta alam, tidak heran jika Gunung ini masuk ke dalam daftar google trend hari ini.

Selain menyediakan pemandangan yang indah. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl, sehingga sudah pasti sulit untuk ditaklukan.

Jadi, bagaimana tips aman mendaki Gunung Rinjani bagi para pemula? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Senin 20 Juni 2022, berikut informasinya.

Penting untuk diketahui, pendakian Rinjani bisa dilewati beberapa jalur seperti:

1. Jalur Bawak Nao

2. Jalur Senaru

3. Jalur Aik Berik

4. Jalur Timbanuh

5. Jalur Sembalun

6. Jalur Tete Batu

Keenam jalur pendakian tersebut 2 di antaranya yaitu Sembalun dan Tetebatu merupakan jalur baru yang diresmikan pada awal April 2021.

Sebaiknya para pemula disarankan untuk menggunakan 4 jalur teratas, karena fasilitas di jalur tersebut sudah lengkap.

Tips Mendaki Gunung Rinjani

  • Bagi Anda yang baru pertama kali mendaki Gunung Rinjani, ada baiknya untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui situs resmi Balai Taman Nasional Gunung Rinjani atau download aplikasi e-rinjani untuk mempermudah prosesnya.
  • Daftar dan masukan identitas penting dan sejenisnya. Bahkan, Anda juga bisa memesan jumlah hari pendakian dan melakukan pembayaran sekaligus seperti melakukan booking hotel biasa.
  • Setelah ada konfirmasi pembayaran baru Anda cetak buktinya untuk diperlihatkan ke petugas di pintu masuk.
  • Persiapan fisik sangat penting untuk keberhasilan dalam suatu pendakian. Banyak sekali olahraga yang dapat dilakuka untuk melatih stamina tubuh seperti renang, jogging dan bersepeda.
  • Ketahui kondisi medan pendakian, Anda juga bisa bertanya kepada jasa guide sebelum memutuskan untuk mendaki. Selain itu juga bisa bertanya kepada orang yang pernah mendaki gunung Rinjani.
  • Persiapkan perlengkapan saat melakukan pendakian, maka buatlah list barang apa saja yang akan dibawa dan jangan lupa untuk memeriksanya kembali.
  • Sebaiknya istirahat terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan.
  • Pilih jalur Sembalun atau Senaru
  • Istirahat apabila kelelahan, jangan memaksakan diri dan makanlah camilan dan minum air hingga tubuhmu sudah siap kembali untuk mendaki.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan