Resep Membuat Korean Cake, Silahkan Coba di Rumah

Jabarekspres.com – Dekorasi yang cantik dan tekstur yang lembut membuat Korean cake digemari oleh kalangan milenial yang sedang merayakan ulang tahun. Selain itu cake ala Korea ini juga bisa dipertimbangkan untuk dijadikan bisnis.

Korean cake, umumnya dibuat dengan cake bertekstur padat. Namun, dalam kreasinya, penggemar baking, Vanessa De Giovani menggunakan sponge cake. Teksturnya ringan, tapi tetap kukuh dan tidak mudah hancur.

Kali ini, Vannesa akan membuatnya dengan dasar sponge cake coklat. Untuk mendapat rasa, warna, dan aroma cokelat yang pekat, dia memadukan pasta cokelat dengan kakao bubuk. Meski demikian, Vanessa menjelaskan, cake cokelat memiliki karakteristik yang berbeda dengan rasa lainnya.

’’Hasil jadinya nggak ’setinggi’ cake vanila atau moka. Soalnya, pastanya juga mengandung gula,’’ ucapnya.

Cake ala Korea tidak lengkap tanpa buttercream. ’’Pakai Swiss meringue. Bukan krim dari mentega putih,’’ ujar penggemar baking yang membuka kursus daring itu.

Vanessa menggunakan teknik double boiled –atau ditim– dengan tambahan butter tawar. Jadi, krim terasa “halus” dan mirip es krim.

Karena berukuran mungil, satu resep bisa menghasilkan beberapa Korean cake. Bahkan, masih ada sisa tepian. Vanessa menjelaskan, cake yang tidak bulat utuh bisa “ditambal” dengan buttercream.

“Nggak masalah kalau potongannya tidak sempurna. Soalnya, penyajiannya kan ditutup krim,’’ lanjutnya.

Satu resep ini menghasilkan tujuh Korean cake berdiameter 8 cm. Plus, sisa tepian cake.

Menurut Vanessa, tepian cake pun masih bisa dimanfaatkan jadi dessert box. ’’Tinggal disusun di cup, lalu diseling dengan krim dan isian,’’ imbuh owner De Giovani Koekjes tersebut. Dia menilai bisnis Korean cake masih menjanjikan. Sebab, resep itu sangat luwes dikreasikan. Mulai varian rasa hingga dekorasi.

Resep Korean Cake dengan dasar sponge cake coklat:

CAKE

– Telur 6 butir

– SP 10 gram

– Gula pasir 100 gram

– Tepung terigu protein rendah 100 gram

– Susu bubuk 10 gram

– Tepung maizena 10 gram

– Bubuk kakao 10 gram

– Butter 100 gram

– Pasta cokelat 10 gram

BUTTERCREAM

– Putih telur 70 gram

– Gula pasir halus 125 gram

– Unsalted butter 150 gram

– Pewarna makanan oil-based

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan