Resep Membuat Korean Cake, Silahkan Coba di Rumah

– Sprinkles

CARA MEMBUAT

CAKE

1. Campur telur, SP, dan gula. Kocok dengan mixer. Naikkan kecepatan ke tingkat maksimal secara perlahan. Kocok selama 10 menit.

2. Sementara itu, lelehkan butter dan pasta cokelat di pan. Ketika mentega mulai leleh, matikan api. Aduk rata hingga mentega dan pasta cokelat tercampur rata.

3. Di wadah terpisah, ayak tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan bubuk kokoa.

4. Setelah adonan mencapai tekstur kental berjejak, turunkan kecepatan mixer. Tambahkan campuran tepung secara bertahap dan naikkan kecepatan ke tingkat medium.

5. Turunkan kembali kecepatan mixer, lalu masukkan butter yang telah dilelehkan sedikit demi sedikit. Setelah tercampur rata, matikan mixer.

6. Ratakan adonan dengan whisk. Gunakan spatula untuk mencampur adonan di tepi dan dasar mangkuk. Aduk searah dengan cara memutar wadah secara perlahan.

7. Siapkan loyang berukuran 26 x 26 cm. Olesi tipis dengan mentega, lalu lapisi dengan kertas roti. Pastikan kertas di sisi kiri-kanan lebih tinggi daripada loyang.

8. Tuang perlahan adonan dalam loyang, lalu ratakan dari bagian tengah ke tepian. Kemudian, goyang dan banting perlahan loyang untuk mengeluarkan gelembung udara.

9. Panggang cake dalam oven bersuhu 180 derajat Celsius dengan api atas-bawah selama 20–22 menit.

10. Setelah matang, scrap tepian cake. Segera keluarkan cake dari loyang, lalu lepas kertas roti. Biarkan hingga mencapai suhu ruang.

11. Potong cake dengan cetakan bulat. Bagian tepian cake bisa disambung dengan tambahan butter cream.

BUTTERCREAM

1. Campur putih telur dan gula. Masak dengan teknik double boiler (ditim) dengan api kecil. Aduk perlahan hingga gula larut, lalu kocok hingga berbusa dan putih.

2. Kocok adonan dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang. Masukkan unsalted butter secara bertahap sambil terus diaduk.

PENYAJIAN

1. Bagi buttercream menjadi beberapa bagian. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera, lalu aduk rata.

2. Siapkan kertas roti. Beri sedikit buttercream, ratakan, lalu lekatkan cake.

3. Oles dengan buttercream putih sebagai dasar. Ratakan hingga ke bagian tepi. Gunakan scrape untuk meratakan permukaan cream.

4. Hias dengan buttercream yang telah diberi pewarna dan sprinkles. Korean cake siap disajikan. (jawapos)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan