Manfaat-Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki bagi Kesehatan

Jabarekspres.com — Untuk sekadar pergi ke warung di RT sebelah saja, kita kerap pergi menggunakan kendaraan roda dua. Malas jalan kaki alasannya.

Padahal, jalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Jangan lupa, kesehatan lebih mahal dari apa saja. Dengan demikian, menjaga kesehatan adalah hal penting yang harus kita lakukan.

Berikut ini merupakan penjelasan dari Robert Arjuna, seorang dokter dan penulis ilmu kesehatan, terkait manfaat jalan kaki yang diketahui orang-orang, dikutip dari Harian Disway.

Mencegah penyakit jantung. Jantung adalah organ vital yang dimiliki manusia. Jalan kaki membuat kinerja jantung tetap baik juga rupanya.

Menenangkan pikiran. Tidak hanya itu, jalan juga memungkinkan kita untuk memikirkan permasalahan dengan baik juga, loh.

Perubahan positif pada otak. Kalau hari-harimu terasa pengap karena masalah pekerjaan, misalnya, maka jalan adalah cara jitu untuk untuk membuat otak kembali segar.

Memperbaiki penglihatan. Jalan kaki memungkinkan kita melihat dunia di sekitar. Jalan kaki jadi aktivitas peregangan mata yang seharian melotot di depan komputer, misalnya.

Menambah volume paru-paru. Paru-paru juga mendapat pengaruh baik dari kegiatan jalan-jalan. Itu tentunya bagus bagi kondisi pernafasan.

Menambah kekuatan otot. Tentu saja, otot-otot tidak boleh loyo. Malas jalan sama dengan membiarkan otot-otot di tubuh lemas. Itu tidak baik bagi kamu yang dituntut banyak aktivitas fisik dalam pekerjaan.

Efek positif bagi pankreas. Manfaat positif dari jalan juga dirasakan pula oleh pankreas di tubuh kita, loh.

Mencegah diabetes. Pencegahan dari penyakit adalah hal penting kita mesti lakukan.

Menurunkan risiko terkena stroke. Pembiasaan menggerakan tubuh seperti berjalan-jalan juga jadi pencegahan tepat bagi risiko terkena stroke.

Menekan risiko serangan jantung. Selain menjaga kesehatan jantung, jalan-jalan juga mencegah kondisi serangan jantung.

Berat badan stabil. Kalau kamu senang makan atau ngemil, maka jalan-jalan bisa menjadi cara untuk menyeimbangkan berat badan agar tetap stabil.

Menurunkan berat badan. Jalan juga bisa termasuk program diet yang bisa kamu lakukan.

Memperkuat sendi dan tulang. Selain membuat otot jadi tidak loyo, jalan pun menguatkan persendian dan kondisi tulang di tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan