Jalan di Cileunyi Rusak Berat, Begini Kata Sekcam

CILEUNYI – Kondisi Jalan Panyawungan yang rusak di wilayah Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung belum ada pemeliharaan kembali.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, kondisi Jalan Kabupaten yang rusak berat itu berada tepat di sebelah kiri Jalan Raya Bandung-Garut, menuju area lingkungan industri dan pemukiman warga.

Lubang di ruas jalan yang rusak di Panyawungan, Cileunyi itu terlihat digenangi air setelah diguyur hujan. Sehingga, tak jarang pengendara sengaja menghindari kubangan meski harus berpapasan dengan kendaraan dari arah berlawanan.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Cikeunyi, Dadang Sumpena mengatakan, untuk perbaikan dan pemeliharaan Jalan Panyawungan dilakukan oleh Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bandung.

“Pembahasannya melalui Musrenbang (musyawarah rencana pembangunan),” kata Dadang kepada Jabar Ekspres pada Senin (20/6).

Oleh karena itu, Dadang menjelaskan, apabila dalam Musrenbang pihak Desa Cileunyi Wetan mengusulkan untuk dilakukan pemeliharaan, maka kewenangan eksekusinya dilakukan oleh Pemkab Bandung.

“Itu juga kalau Jalan (Panyawungan) tersebut pemeliharaannya dianggap sebagai prioritas,” ujarnya.

Dadang menerangkan, pihak Kecamatan Cileunyi, dalam upaya perbaikan Jalan Panyawungan sebatas memfasilitasi Desa Cileunyi Wetan dalam pembahasan di Musrenbang.

Diketahui, Musrenbang merupakan agenda tahunan supaya warga diberikan kesempatan mengusulkan perbaikan fasilitas umum hingga berdiskusi terkait permasalahan rusaknya bangunan infrastruktur.

Pembangunan jangka pendek kerap menjadi usulan diskusi dalam Musrenbang. Ketika prioritas sudah tersusun, maka akan dilanjutkan pengajuan ke pihak pemerintah yang levelnya lebih tinggi dari pemerintahan desa.

Usulan tersebut dilanjutkan pengajuannya melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) yang dikategorikan berdasarkan prioritas serta alokasi anggaran.

“Harapan pasti supaya cepat diperbaiki demi kenyamanan warga masyarakat. Untuk usulan (perbaikan) dibahas melalui Musrenbang,” imbuh Dadang.

Sementara itu, Kepala Desa Cileunyi Wetan, Hari Haryono menyampaikan, pihaknya upayakan secara maksimal agar perbaikan Jalan Panyawungan dapat secepatnya dilakukan perbaikan.

“Pemerintah tetap memberikan perhatian (fasilitas umum dan infrastruktur) supaya bisa digunakan dan dimanfaatkan masyarakat dengan aman dan nyaman. Mudah-mudahan bisa secepatnya diperbaiki,” tutup Hari. (bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan