Lakukan 5 Hal Ini di Pagi Hari Saat Akhir Pekan Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Jabarekspres.com — Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjalani akhir pekan. Hari Minggu adalah “hari iseng”. Begitulah kata penyair terkenal Indonesia, Sitor Situmorang.

Bagaimanapun, keisengan juga menandakan waktu luang. Untuk meraih hidup yang paripurna, kita seharusnya menggunakan waktu luang untuk hal-hal berguna demi meningkatkan kualitas kehidupan.

Berikut ini merupakan lima hal yang bisa kamu lakukan di pagi hari di akhir pekan untuk meningkatkan kualitas kehidupan:

1. Membaca Buku

Buku adalah sarana yang tepat bagi kita untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Pada dasarnya, membaca buku sama dengan melakukan olahraga pikiran.

Bukan hanya tubuh saja yang perlu olahraga, tapi pikiran juga perlu olahraga. Dengan begitu, kesehatan pikiran kita tetap harus terjaga. Menjaga agar pikiran kita tetap waras.

Bagaimanapun, meningkatkan kualitas hidup membutuhkan pikiran yang sehat, waras, dan kuat. Maka dari itu, gunakanlah waktu luang di akhir pekan untuk membaca buku. Aturlah membaca buku menjadi kebiasaan.

2. Menonton Tayangan YouTube yang Memperluas Pengetahuan

Ada banyak konten bermanfaat di YouTube yang bisa meningkatkan kualitas hidup. Jangan isi pagi hari di akhir pekan dengan menonton tayangan gosip. Gosip tidak akan meningkatkan kualitas kehidupan.

Kamu bisa menonton video-video seperti TedTalks, kiat-kiat bertutur like English native speakers, pidato-pidato dari orang-orang hebat, dsb. Tontonlah tayangan-tayangan tersebut di YouTube agar hidup jadi lebih berarti.

Intinya, manfaatkanlah tayangan-tayangan di YouTube untuk meningkatkan skills yang bermanfaat bagi kehidupan. Sebab, kamu bisa mendapatkan banyak ilmu, dengan modal kuota saja, di YouTube. Ingat, kuota adalah privileged.

3. Meditasi

Meditasi bukan aktivitas mistis. Ia adalah momen rehat untuk menetralisir beban-beban kegiatan selama enam hari yang menjemukan di pekerjaan atau di sekolahan, misalnya.

Tujuan dari meditasi adalah meregangkan pikiran. Ia dilakukan untuk menenangkan pikiran. Itu bagus untuk mendorong kualitas kehidupan.

Lakukanlah meditasi di pagi hari. Tutup mata. Atur pernafasan. Dengarkanlah keadaan di sekitar. Bukalah diri. Dengarkan suara kicau burung di luar, orang-orang berjalan, suara angin, tetangga memasak, apa saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan