Beberapa Kesalahan Saat Memasak Ayam, Bisa Berbahaya hingga Nutrisi Hilang

JABAREKSPRES.COM – Harga ayam dibeberapa pasar tradisional saat ini sedang tinggi. Meski begitu, kebutuhan konsumsi ayam oleh masyarakat ternyata tidak begitu terpengaruh. Ayam masih menjadi salah satu menu favorit bagi sebagian besar masyarakat. Sayangnya, banyak yang kurang paham cara pengolahan atau memasak ayam yang benar.

Sehingga nutrisi dan kandungan gizi dalam ayam bisa menghilang, atau bahkan malah membahayakan bagi kesehatan, karena masih ada kandungan bakteri atau virus didalamnya. Karena proses memasak yang salah.

Seperti yang sudah banyak diketahui, daging ayam adalah sumber protein yang baik. Dilansir dari Verywell Fit, dada ayam misalnya, selain mengandung protein, juga rendah lemak dan rendah sodium.

Dada ayam juga makanan rendah karbohidrat, sehingga mudah dimasukkan ke dalam diet sehat. Kelezatan dan manfaat sehat daging ayam bisa saja berkurang ketika Anda salah dalam pengolahannya, misalnya terlalu kering atau bahkan kurang matang.

Karenanya perlu diketahui cara menghindari beberapa kesalahan dalam cara mengolah daging ayam. Dilansir dari Reader’ Digest, Berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi saat memasaknya

1. Memasak ayam terlalu sebentar atau lama

Tidak ada yang suka dada ayam setengah matang karena berpotensi mengandung beragam bakteri.
dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter mengatakan dibanding ikan dan sapi, daging ayam dan jenis unggas lainnya memang harus dimasak sampai benar-benar matang.

“Pengolahan daging ayam sampai matang itu bertujuan untuk mematikan segala virus yang masih tertinggal.” ujarnya. Tak cuma dagingnya, telur ayam pun sebenarnya harus dimasak hingga matang untuk mencegah infeksi bakteri.

2. Dada ayam tanpa kulit

Banyak dari Anda yang menjadikan fillet tanpa tulang sebagai cara yang mudah dan sehat untuk memasak ayam. Hal ini sangat masuk akal, pengerjaannya pun dirasa cukup mudah. Namun sebetulnya, menjaga kulit ayam tetap menyatu dengan daging saat memasak dapat membantu menjaga kelembapan dagingnya.

3. Tidak menambahkan bumbu

Memasak tanpa menambahkan bumbu asin dapat membuat ayam menjadi kering. Sebab, tekstur ayam sebenarnya tidak berlemak seperti unggas lainnya.

Rendaman bumbu air garam yang asin, atau penambahan rasa pada ayam dapat melembapkan ayam tersebut. Selain bumbu seperti garam dan sedikit lada, Anda bisa coba tambahkan basil dan paprika untuk memasak ayam dengan cara dibakar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan