oleh

Puncak Kasus Omicron BA.4 dan BA.5 Diprediksi Sehari Bisa Tembus 20 Ribu, Waspada Ya!

Jabarekspres.com – Kasus Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia diprediksi bisa menyentuh angka puluhan ribu dalam sehari. Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Kira-kira nanti ya estimasi berdasarkan data di Afrika Selatan, mungkin puncaknya kita di 20.000 per hari,” ujar Menkes Budi, Kamis (16/6) kemarin.

Budi menjelaskan, pihak Kemenkes telah mengkaji pola penyebaran subvarian virus tersebut. Lonjakan kasus akibat BA.4 dan BA.5 hanya sepertiga dari puncak varian Delta dan Omicron yang mencapai 60.000 per hari.

Baca Juga:  Kasus Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia Bertambah jadi 8 Orang, Menkes Jelaskan Penyebabnya

“Kami mempelajari polanya BA.4, BA.5 di negara lain seperti apa. Jadi, kita amati di Afrika Selatan sebagai negara pertama yang BA.4, BA.5 masuk, puncaknya itu sepertiga dari puncaknya Omicron atau Delta sebelumnya,” ungkapnya.

Kendati ada lonjakan kasus Covid-19, lanjut Budi, tingkat fatalitas atau kematian akibat BA.4 dan BA.5 jauh lebih rendah dibandingkan varian Delta dan Omicron.

“Yang kita perlu lihat adalah bahwa fatality ratenya atau kematiannya itu jauh lebih rendah mungkin 1/12 atau 1/10 dari Delta dan Omicron. Jadi, kita percaya bahwa nanti akan ada kenaikan kira-kira maksimalnya mungkin 20.000 per hari gitu,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.