oleh

Lubang Hitam: Makhluk Di Luar Nalar dan Misteri yang Belum Terpecahkan

Jabarekspres.com — Lubang hitam adalah hantu. Ia berkeliaran secara bebas di luar angkasa, di langit gelap, di ruang hitam sunyi tak berbatas.

Lubang hitam bergerak seperti pengembara yang melakukan perjalanan tanpa arah dan tujuan. Sayangnya, lubang hitam adalah petualang mengerikan.

Ia menenggelamkan segala yang berada di dekatnya. Ia tak hanya menelan planet-planet, namun juga bintang-bintang, bahkan galaksi-galaksi.

Apakah lubang hitam si hantu pengembara itu sendirian? Jawabannya, tidak.

Para astronom memperkirakan bahwa ada lebih dari 100 juta lubang hitam yang berkeliaran di antara 100 miliar bintang di galaksi Bima Sakti, galaksi kita sendiri, menurut laporan dari Hubble Space Telescope (situs milik NASA), Jumat (10/6/2022).

Jangan lupa, galaksi yang ada di alam semesta itu tak terhingga jumlahnya. Di galaksi kita sendiri saja, jumlahnya sudah begitu, lalu bagaimana dengan galaksi-galaksi lain? Pertanyaan itu tak akan bisa dicerna dengan mudah oleh akal pikiran.

Baca Juga:  Perokok Jarang Mengetahui 3 Fakta Nikotin, Apa Saja?

Para astronom telah melakukan pengamatan. Hasilnya membuat bulu kuduk bergidik. Pasalnya, di Sagitarius galaksi kita, tepatnya di lengan spiral Carina, ia bergentayangan sekitar 5.000 tahun cahaya dari planet kita yang mungil ini.

Bahkan, para astronom telah memperkirakan bahwa ada lubang hitam terisolasi dan memiliki jarak yang dekat dengan planet kita, yakni sekitar 80 tahun cahaya.

Sebagai ukuran, Proxima Centauri adalah bintang yang paling dekat dengan tata surya kita, yakni berjarak sekitar lebih dari 4 tahun cahaya.

Bagaimanapun, sebagaimana hantu, lubang hitam yang tak terhitung jumlahnya itu juga tak kasat mata.

Baca Juga:  Karbon Dioksida Bumi Sangat Mengkhawatirkan pada Tahun Sekarang, Sinyal Bahaya bagi Manusia?

Teleskop paling mutakhir pun dipastikan tak bisa menangkap gambaran dari objek masif ini. Pasalnya, tentu saja, ia tidak memancarkan cahaya.

Jadi, makhluk ini hanya bisa diamati secara tidak langsung. Kendati tak bisa dilihat, namun kehadirannya bisa diamati lewat lingkungan di sekitarnya.

Ia adalah benda masif yang mempengaruhi objek-objek di sekitar. Misal, karena ia mempunyai massa yang sangat dahsyat, maka ruang di sekitarnya pun berbelok atau menekuk atau melengkung.

Apa itu lubang hitam (black holes)?

Ia adalah hantu yang aneh. Mengejutkan. Mengagumkan. Ia berselancar di angkasa lengang dengan gravitasi yang sangat kuat. Saking kuatnya, cahaya pun tenggelam dalam tarikannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.