oleh

Wajib Tahu! Inilah Gangguan Kesehatan Mental pada Lansia yang Harus Diwaspadai

Jabarekspres.com – Gangguan kesehatan mental atau psikologis tidak hanya terjadi pada anak muda ataupun orang dewasa, melainkan bisa juga pada lanjut usia (lansia).

Oleh karena itu, kesehatan mental sangat perlu dijaga layaknya kesehatan fisik bagi semua orang tanpa terpaut umur, baik muda maupun tua.

Penting untuk diketahui, kesehatan mental pada orang lansia dapat mengakibatkan beberapa kondisi medis, seperti stroke, diabetes, penyakit jantung, dan lainnya.

Baca Juga:  Pemahaman Kesehatan Mental Masih Rendah

Untuk itu, apa saja gangguan kesehatan mental pada lansia yang harus diwaspadai? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Senin 13 Juni 2022, berikut ini penjelasannya.

Depresi

Depresi adalah salah satu gangguan psikologis yang sering dialami oleh lansia. Masalah ini bisa menyebabkan gangguan fisik dan mental, serta menghambat fungsi sosial.

Jika terus dibiarkan, depresi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis lainnya yang sulit untuk diobati.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Kesedihan Akibat Kehilangan Orang Terkasih

Gejala depresi pada lansia yang sering terjadi yaitu perasaan sedih yang berkelanjutan, mengalami masalah tidur, merasakan ketidaknyamanan pada fisik, hingga menjauhkan diri dari segala aktivitas yang disenanginya.

Gangguan Kecemasan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.