Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Beserta Keutamaannya

Jabarekspres.com – Bagi Anda yang ingin mengerjakan puasa ayyamul bidh di tanggal 13,14, dan 15 setiap bulan Hijirah. Berikut ini bacaan niat puasanya.

Puasa ayyamul bidh merupakan salah satu puasa sunnah yang memiliki keutamaan pahala yang sama dengan puasa setahun lebih.

Untuk itu, jangan sampai Anda lupa membaca niat puasa ayyamul bidh, agar mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Senin 13 Juni 2022, inilah bacaan niat puasa ayyamul bidh lengkap dengan keutamaannya.

Niat puasa ayyamul bidh sebaiknya dilafalkan dengan lisan, tidak sekadar dibaca dalam hati.

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya: Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta’ala.

Sementara itu, manfaat puasa ayammul bidh selain baik untuk kesehatan tubuh, setiap manusia akan dilatih untuk menahan hawa nafsu yang berlebihan di dalam hati serta menjadikan diri lebih baik.

Dalam hadits riwayat Bukhari disebutkan, puasa ayyamul bidh merupakan salah satu puasa mulia. Bahkan, Rasulallah mengajak seluruh umat muslim untuk melaksanakannya.

“Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan kepadaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: [1] berpuasa tiga hari setiap bulannya, [2] mengerjakan shalat dhuha, [3] mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari).

Lalu, ganjaran puasa ayyamul bidh seperti puasa setahun penuh. Rasulullah SAW biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah). Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR Abu Daud).***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan