Pengamat Politik UNDIP: Kinerja Airlangga Hartarto Terbukti Angkat Elektabilitas Sebagai Capres

SEMARANG – Elektabilitas Airlangga Hartarto diprediksi bakal melejit dan memiliki peluang besar untuk menjadi Calon Presiden (Capres) pada Pemilu 2024 nanti.

Pengamat politik dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang Teguh Yuwono megatakan, sosok Airlangga Hartarto merupakan calon kuat yang memiliki potensi besar.

Berdasarkan perolehan dari Lembaga survey, elektabilitas Airlangga Hartarto kini, sudah bisa mengguli kandidat Capres lainnya.

‘’Ini secara personal, belum lagi jika dukungan kuat dari seluruh kader partai Golkar,’’ ujar Teguh dalam keterangannya, Jumat, (9/6).

Dia menilai, jika membaca Analisa dari hasil survey CNN, keinginan masyarakat terhadap pengganti Presiden Joko Widodo adalah sosok yang mampu meningkatkan perekonomian.

‘’Dan Pak Airlangga sudah melakukan itu, ini kan dibuktikan dengan kinerja beliau dalam mengatasi pemulihan ekonomi nasional dengan berbagai programnnya,’’kata dia.

Selain itu, jika melihat elektabilitas Partai Golkar sendiri, saat ini sudah sangat baik. Partai Golkar kembali mendapat tempat di hati masyarakat semenjak dipimpin oleh Airlangga Hartarto.

‘’Ketum Golkar membuat partai besar itu naik elektabilitasnya,” kata Teguh

Teguh menilai, ada salah satu penilaian yang unik dalam hasil Survei CNN jika menganalisa naman ama besar seperti Ganjar Pranowo Anies Baswedan, maupun Prabowo Subianto.

Nama-nama itu, memang memiliki popularitas 70 hingga 85 persen responden. Akan tetapi, responden tidak merasakan dampak positif dari kebijakannya.

“Artinya mereka popular, namun karyanya tidak dinikmati mayoritas masyarakat Indonesia,” tutur Teguh.

Namun, kata dia, situasi ini berbeda dengan hasil survei Airlangga Hartarto. Meskipun hanya 50 persen masyarakat mengaku merasakan manfaat dari kinerja Menko Koordinator Perekonomian itu.

Kebijakan melalui inovasi program-program yang digagas Menko Perekonomian sangat baik dan berdampak positif untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Airlangga Hartarto juga dinilai membawa  Partai Golkar jaug lebih baik dibandingkan capaian sebelumnya.

Sebelumnya,berdasarkan hasil survei CNN, Airlangga Hartarto sebagai tokoh pemerintahan dengan elektabilitas tertinggi dengan 29,2 persen dari 2.200 responden.

Nama Airlangga jauh mengungguli tokoh lain yang saat ini duduk di pemerintahan.

Di posisi kedua, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto jauh tertinggal dibanding urutan teratas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan