Airlangga Hartarto Unggul Dalam Survei CNN Sebagai Tokoh yang Banyak Dipilih

JAKARTA – Berdasarkan hasil survey dari Citra Network Nasional (CNN), Airlangga Hartarto menjadi tokoh paling dipilih yang duduk dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Menko Perekonomian itu, memperoleh hasil 29, 2 persen. Sedangkan Prabowo Subianto, sebagai Menteri Pertahanan menempati posisi kedua. Namun poin yang dicapai terpaut jauh dengan nilai 12,2 persen.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 11,8 persen, Selanjutnya, muncul nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (5,1 persen).

‘’Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (4,4 persen) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 3,2 persen,’’sebut Direktur Eksekutif CNN Ahmad Zaki dalam keterangannya, Kamis, (9/6).

Dia mengatakan, keterpilihan Airlangga Hartarto pada survey kali ini, disebabkan ada hubungannya dengan keberhasilan dalam mengawal kebijakan yang ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan jawaban dari responden, masyarakat menginginkan sosok pengganti Joko Widodo yang dapat memberikan solusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

‘’Dari survei CNN ini, hampir 96,4 persen responden ingin presiden yang mampu mengangkat perekonomian masyarakat,’’ ujarnya.

Tingginya elektabilitas Airlangga ternyata bekolrelasi pada tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Maruf dalam hal pemulihan ekonomi.

‘’Sebanyak 84,2 persen reponden mengaku puas dengan kinerja pemerintahan di bidang ekonomi,’’katanya.

Menko Airlangga dinilai sebagai seorang figur yang mampu membangkitkan kondisi perekonomian nasional.

‘’Kemampuan itu ada pada Airlangga yang memang selama ini dikenal piawai dalam menangani masalah ekonomi. Apalagi posisinya yang saat ini menjabat Menteri Perekonomian,” kata Ahmad Zaki.

Namun disisi lain, ternyata masyarakat menginginkan sosok presiden yang merakyat dan popular ini dengan nilai 38,2 persen yang digambarkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sedangkan masyarakat yang menginginkan sosok karekter tegas seperti Prabowo Subianto memperoleh nilai 35,2 persen.

Sementara itu untuk survey pada preferensi partai politik, Partai Golkar menempati posisi pertama sebagai partai yang banyak dipilih dengan nilai 18.2 persen.

Nasmun Partai Gerindra menempel ketat dengan terpaut nilai tipis sebesar 17,7 persen. Sedangkan PDIP dengan 16,3 persen.

Selanjutnya, di posisi keempat, muncul PKB dengan 5,1 persen, PAN (4,8 persen), PPP (4,4 persen), Nasdem (4,2 persen), PKS (4,1 persen), dan Demokrat (4,1 persen).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan