44 Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung di Bogor

JABAREKSPRES.COM – Sebanyak 44 rumah mengalami rusak setelah diterjang  angin puting beliung yang terjadi di Kampung Batu Kasur, Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua pada Senin (6/6) lalu. Data tersebut diambil dari  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Dalam laporannya, BPBD menyebutkan, ada 126 jiwa yang terdampak dalam kejadian tersebut. Ratusan jiwa tersebut merupakan penghuni 44 rumah yang mengalami kerusakan, sehingga harus dievakuasi.

“Terdapat 25 unit rumah rusak ringan dari 30 KK dengan 126 jiwa dan 2 unit rumah rusak sedang dari 3 KK dengan 10 jiwa yang terdampak di RT 01/03,” ujar Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Adam Hamdani merincikan, Selasa (7/6/2022).

Untuk di RT 06/03 di kampung yang sama, sebanyak 15 unit rumah dari 19 KK dengan 63 jiwa rusak ringan dan 2 unit rumah dari 2 KK dengan 9 jiwa rusak sedang.

“Totalnya itu 54 KK yang terdampak atau 44 rumah yang mengaku kerusakan pada bagian atap rumah asbes dan genteng yang terbawa angin kencang,” jelas Adam.

Selain itu, Adam juga menyebutkan terdapat beberapa fasilitas umum yang mengalami dampak dari bencana alam angin kencang tersebut.

“Musola di RT 01/03 dan rumah belajar. Sementara dari data sebanyak 3 KK atau 10 jiwa yang mengungsi ke kerabat sekitar,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, dirinya telah memberikan arahan langsung kepada Kepala Desa Batulayang mengenai penanganan dari bencana tersebut.

“Serta menanyakan langsung bagaimana penanganan yang dilakukan pemdes dan pemda pasca bencana puting beliung yang terjadi. Alhamdulillah Pemda cepat menanggulangi, saat ini juga beberapa bantuan yg sifatnya sementara sudah diberikan,” pungkasnya.(rb/rit)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan