Terendam Banjir, Akses Jalan Lintas di Bogor Terputus, Warga Dievakuasi

JABAREKSPRES.COM – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi seharian, membuat volume air sungai meluap. Sehingga air melimpah membanjiri jalan dan kampung di Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor,pada Senin (6/6) sore. Akibatnya akses jalan lintas yang menghubungkan Kampung Pabuaran RT 03/08 dan Kampung Boja RT 02/05 Desa Babakan terputus.

Jalan tersebut terendam banjir hingga selutut orang dewasa sekitar pukul 15.30 WIB, sehingga tak bisa dilalui oleh kendaraan.

Camat Tenjo Yudi Utomo mengatakan meluapnya air juga disebabkan adanya penyempitan sungai. Sehingga, air tidak dapat tertampung maksimal dan meluap hingga kejalanan.

“Penyebabnya karena ada penyempitan sungai, sehingga air meluap dan merendam jalan lintas dua kampung wilayah Tenjo,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (7/6/2022).

Dia menjelaskan, akibat terendam banjir, aspal jalan lintas kampung di Tenjo rusak. Tak hanya jalan, sawah juga ikut terendam. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

“Kalau kerugian material diperkirakan Rp128 juta. Upaya yang telah dilakukan, yakni evakuasi warga ke tempat yang lebih aman atau keluarga terdekat,” ucapnya.

Saat ini pihaknya masih melakukan pemantauan terhadap aliran sungai tersebut, mengantisipasi banjir lebih besar lagi.

“Hari ini kami cek ulang ke lokasi untuk inventarisasi kerusakan dan dampak lebih lanjut. Karena pada waktu kejadian tidak ada rumah yang terendam, hanya akses jalan lintas kampung yang terendam banjir, sekarang sudah bisa dilewati lagi,” pungkasnya. (rb/rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan