Efek Memakai Behel Bisa Membuat Gigi Kuning, Begini Cara Mencegahnya

Jabarekspres.com – Tahukah Anda jika efek dari memakai behel bisa menyebabkan gigi menjadi kuning? hal ini akibat dari cara membersihkan gigi yang tidak benar sehingga menjadi penyebab gigi menjadi kuning.

Selain itu, ketika Anda mengonsumsi makanan yang bercampur dengan gula dan asam, maka bisa melunturkan mineral yang ada pada gigi.

Jadi. sebaiknya bagi orang yang memakai behel segera mengurangi makanan yang tinggi gula dan asam, karena bila terus dibiarkan secara perlahan masalah gigi yang lain akan muncul.

Lalu, bagaimana cara mencegah gigi kuning akibat dari efek memakai behel? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Senin 6 Juni 2022, berikut solusinya.

1. Menyikat gigi dengan teratur

Cara pertama untuk terhindar dari gigi kuning akibat memakai behel adalah dengan menyikat gigi dengan teratur minimal 2 kali sehari. Kemudian, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Sementara itu, waktu yang dianjurkan dalam menyikat gigi adalah 30 menit setelah makan, hal tersebut berguna memperkecil risiko makanan tersangkut di kawat behel.

Pastikan juga untuk memilih jenis sikat gigi yang didesain khusus untuk behel agar gigi Anda bersih secara maksimal.

2. Jangan lupa bersihkan sela-sela gigi

Ketika Anda sedang menyikat gigi, jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi.

memang, membersihkan plak dan sisa makanan yang terjebak di area sela-sela gusi sangat sulit untuk dijangkau sikat gigi.

Oleh karena itu, Anda bisa coba menggunakan benang gigi untuk membersihkan plak dan sisa makanan.

3. Menggunakan obat kumur

Setelah menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi selanjutnya adalah menggunakan obat kumur.

Pilihlah obat kumur mengandung fluoride, karena berguna membantu menjaga kekuatan gigi dan menghindari dekalsifikasi.

4. Hindari makanan yang manis

Mengonsumsi makanan manis serta lengket misalnya permen karamel ataupun cokelat bisa menyebabkan gigi kuning pada pengguna behel.

Mulai dari sekarang sebaiknya Anda membatasi jenis makanan tersebut agar gigi tidak berubah warna menjadi kuning.

5. Jangan mengonsumsi makanan yang tinggi asam

Selain makanan manis, Anda juga harus menghindari makanan yang bersifat asam, seperti jeruk, soda, dan lainnya, sebab dapat mengikis lapisan pelindung gigi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan