KIB Akan Terjalin Sampai ke Tingkat Provinsi dan Kabupten/Kota

JAKARTA – Kesepakatan pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) resmi ditandatangani oleh ketiga pemimpin partai.

Dengan begitu, ketiga partai ini, secara resmi menjalin kerjasama dalam membentuk koalisi untuk menyambut Pemilu 2024 nanti.

Ketua DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, untuk langkah kerja ke depan, KIB akan menyusun buku kerja.

‘’Buku kerja disusun sebagai pedoman untuk menentukan langkah ke depan dalam koalisi ini,’’kata Airlangga Hartarto kepada waratwan, Jumat, malam, (5/6).

Kerjasama ini juga akan diteruskan dan berlaku untuk seluruh kader ketiga partai yang berada di tingkat daerah.

Contohnya, jika ketua umum PAN dan PPP datang ke daerah maka seluruh kader Partai Golkar akan menyambutnya.

seluruh kader partai berlambang pohon beringin di daerah ikut menyambut kehadiran ketua umum PAN maupun PPP bila mendatangi daerah.

‘’Jadi jika ketua umum PAN atau PPP datang ke daerah saya instruksikan agar seluruh ketua DPD Provinsi dan daerah harus menyambutnya dengan hangat,’’tegas Airlangga Hartarto.

Langkah ini, kata Airlangga, dibangun Golkar untuk menciptakan solidaritas dan kepemimpinan bersama untuk dinamika politik yang baik.

Selain itu, setelah penandatangan perjanjian kerja sama ini, ketiga partai akan melanjutkan penulisan buku sampai menuju Pemilu 2024.

Golkar sudah memulai menyinergikan kader dari tiga partai di daerah. Provinsi Jawa Barat menjadi pioneer.

Golkar Jabar telah berhasil menyatukan 12 ribu kader partai KIB saat menggelar pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Tingkat I di Bogor.

“Saya ingin minta kepada seluruh pengurus, baik DPD Golkar provinsi, kabupaten/kota, untuk menyelenggarakan acara yang sama,” katanya.

Airlangga Hartarto menilai, momentum Ini adalah momen bersejarah, momentum luar biasa. Sebab, dengan kesepahaman telah terjalin rasa persaudaraan dan persahabatan untuk membangun bangsa Indonesia.

‘’Hari ini suasana yang terbentuk tenunan persahabatan dan persaudaraan. Ini lebih dari 1.000 kata yang bisa dituliskan,” tegas Airlangga.

Kendati begitu, lanjut Airlangga, Koalisi ini masih terbuka untuk seluruh partai manapun jika ingin bergabung dan berjuang bersama.

Airlangga optimistis, pengalaman ketiga partai yang sudah bersatu membuat partai lain tertarik untuk ikut bergabung bersama-sama di dalam perahu ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan