3 Ciri-Ciri Kucing Terinfeksi Rabies, Hati-Hati Bisa Menular!

 Jabarekspres.com – Belum banyak orang tahu jika rabies tidak hanya terjadi pada anjing, namun kucing pun bisa terinfeksi. Bagi para pecinta kucing wajib mengetahui ciri-ciri rabies pada kucing agar hewan kesayanganmu bisa segera diobati.

Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari penularan infeksi yang dapat terjadi, karena penyakit ini tergolong berbahaya dan belum bisa disembuhkan.

Lantas bagaimana kucing bisa tertular rabies? Melalui gigitan hewan liar yang terinfeksi, seperti rakun, sigung, kelelawar, anjing, atau rubah.

Virus penyebab rabies dapat menyerang sistem saraf pusat atau otak, sehingga bisa berakibat fatal bagi hewan ataupun orang yang terinfeksi.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Jum’at 3 Juni 2022, berikut ini beberapa ciri-ciri rabies pada kucing:

1. Perubahan perilaku

Apabila kucing mengalami perubahan perilaku yang ekstrem dan mendadak, maka patut diwaspadai karena bisa menjadi salah satu ciri-ciri rabies pada kucing.

Misalnya, kucing kesayangan Anda yang biasanya pendiam menjadi sangat bersemangat dan gelisah atau yang biasanya periang tiba-tiba menjadi lemas dan penyendiri.

Selain itu, hilangnya nafsu makan secara tiba-tiba dan perubahan sikap kucing ke manusia, seperti agresif dan tidak mau berinteraksi dengan orang lain.

2. Gangguan saraf

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyakit rabies bisa menyerang otak dan sistem saraf, sehingga menimbulkan gangguan di bagian tersebut.

Kucing yang terinfeksi rabies akan menunjukkan sikap berupa tidak tahan suara bising, menjauhi cahaya yang terang, kejang, pingsan, kesulitan berjalan, atau susah bergerak.

Gangguan saraf dan otak juga menyebabkan kucing tidak dapat mengontrol perilakunya. Bahkan, bisa menyebabkan kucing suka menggigit dan mencakar.

3. Air liur berlebih

Kucing yang terinfeksi rabies akan meneteskan air liur secara berlebih dari mulutnya.

Hal tersebut terjadi karena kelumpuhan otot-otot tenggorokan dan rahang akibat kerusakan pada saraf dan otak kucing.

Untuk itu, sebaiknya mencegah penularan penyakit rabies pada kucing kesayangan Anda dengan memberikan vaksin rabies sejak kucing berusia 8 minggu.

Vaksinasi rabies dapat dilakukan setiap 1 tahun sekali, demi melindungi kucing dari infeksi virus penyebab rabies.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan