oleh

5 Gejala Tubuh Akibat Cacing Kremi yang Wajib Diketahui

Jabarekspres.com – Belum banyak orang tahu jika cacing kremi bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup merepotkan, untuk itu kenali 5 gejala tubuh akibat adanya cacing kremi.

Nama lain dari cacing kremi adalah enterobius vermicularis. Lalu, untuk ukuran cacing kremi betina adalah 8 sampai 13 milimeter dan untuk ukuran yang jantan lebih pendek sekitar 2 sampai 5 milimeter.

Cacing kremi berkembang biak dengan cara bertelur. Selain itu cacing ini termasuk parasit sehingga membutuhkan inang untuk berkembang biak.

Lantas bagaimana cacing kremi bisa masuk ke dalam tubuh? Untuk anak-anak yang sering main di tempat kotor seperti tanah ataupun lumpur, bisa saja itu sudah terkontaminasi oleh kotoran hewan atau manusia yang membuat cacing kremi masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga:  Sebaiknya Tidur dalam Kondisi Terang atau Gelap? Simak Penjelasan dr. Saddam Ismail

Oleh karena itu, ketika anak Anda habis main keluar dengan tidak mengenakan alas kaki apapun, usahakan untuk cuci tangan dan kaki, untuk mencegah cacing kremi masuk ke dalam tubuh.

Perlu diketahui, cacing kremi yang masuk ke tubuh bukan merupakan cacing utuh melainkan berbentuk larva.

Jadi, larva cacing tersebut akan menetas menjadi cacing dewasa. Setelah itu, mereka juga akan bertelur kembali dan telur itu tidak akan hilang ketika Buang Air Besar (BAB).

Baca Juga:  Manfaat-Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki bagi Kesehatan

Lantas, apakah orang dewasa bisa terinfeksi cacing kremi? Menurut Centers For Disease  Ccontrol And Prevention (CDC), cacing kremi ini bisa mengenai semua orang, baik anak-anak, remaja, dewasa, dan usia lanjut.

Sebagaimana dilansir dari tayangan YouTube dr. Saddam Ismail pada Kamis 2 Juni 2022, berikut ini gejala yang muncul saat ada cacing kremi di tubuh.

1. Gatal di area anus ataupun vagina

Rasa gatal di area anus ataupun vagina sering terjadi pada malam hari, maka itu bisa menjadi pertanda adanya cacing kremi di tubuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.