Jangan Remehkan Ikan Teri! Ini Dia Manfaat Ikan Teri

Jabarekspres.com- Taukah kamu meskipun kecil ikan teri mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Berikut adalah manfaat ikan teri bagi kesehatan.

Ikan teri merupakan ikan yang sering kita jumpai dimasakan sehari-hari. Entah itu teri jadi bahan utama masakan atau juga teri dijadikan pelengkap masakan.

Cara mengolahnya pun bermacam-macam. Anda dapat mengasapi, mengeringkan, serta diasinkan sebelum dimakan.

Meskipun kecil dan mudah dijumpai Jangan sekali meremehkan ikan yang satu ini. meskipun berukuran kecil ikan ini kaya akan nutrisi.

Melansir dari laman alodokter bahwasannya dalam 100 gram setara dengan 170 kalori. Dalam 100 gram Ikan teri pun mengandung zat-zat seperti:
• 33,4 gram protein
• 3 gram lemak
• 1,2 gram kalsium
• 1,5 gram fosfor
• 3,6 miligram zat besi
• 0,15 miligram vitamin B1
• 64 mikrogram vitamin A

Berikut adalah manfaat ikan teri bagi kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung
Dalam ikan teri terkandung asam lemak omega-3 dalam ikan teri baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Penelitian menyebutkan bahwa asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah, menghambat pembentukan plak di pembuluh arteri, dan menurunkan tekanan darah.

Tetapi hindarilah mengolah ikan teri secara digoreng. Karena menggoreng ikan teri dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dalam ikan.

Sehingga berbahaya bagi penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan tulang

Ikan teri mengandung kalsium dan fosfor. Kedua zat ini bermanfaat untuk kesehatan tulang.

3. Mencegah penyakit Alzheimer

Asam lemak omega-3 dalam ikan teri berperan penting dalam pembentukan dan kinerja sel otak.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi asam lemak omega-3 memiliki kadar protein beta-amyloid yang lebih rendah.

Beta-amyloid sering kali dikaitkan dengan tanda-tanda penyakit Alzheimer. Sehingga dengan seseorang yang mengkonsumsi ikan teri lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

4. Menjaga kesehatan mata

Selain untuk kesehatan otak dan jantung asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan ini juga bermanfaat untuk mencegah degenerasi makula yang dapat mengganggu penglihatan.

5. Membantu menurunkan berat badan

Ikan teri kaya akan protein yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Inilah yang membuat manfaat ikan teri mampu menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan