Kuatkan Penanggulangan Bencana, BPBD Jabar Jalin Kerjasama antar BPBD Kabupaten/Kota se-Kunci Bersama

KUNINGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menjalin kerjasama antar BPBD kabupaten/kota se-Kunci Bersama (Kuningan, Cirebon, Ciamis, Cilacap, Banjar, Brebes, Majalengka).

Acara yang dikemas dengan rapat koordinasi itu tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di wilayah perbatasan Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022. Berlangsung di Grage Resort Sangkan, Kabupaten Kuningan dan berlangsung Senin (30/5) hingga Selasa (31/5).

Dengan tema Meningkatkan Kolaborasi dan Integrasi dalam Meningkatkan Ketangguhan di wilayah Kunci Bersama sebagai Ketangguhan Bangsa, kegiatan tersebut menghasilkan nota kesepakatan kerjasama bidang penanggulangan bencana.

Acara dibuka langsung Wakil Bupati Kuningan, Ridho Suganda. Pemateri yang hadir dalam acara ini Sekda Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar. Analis Kebencanaan Ahli Madya BNPB, Edi Suryawan Purba. Dan Fungsional Perencana Ahli Muda BPBD Jabar, Raffy Asral Firdaus.

Dalam arahannya, Raffy mengatakan, penanggulangan bencana bukan sekadar tugas suatu daerah. Tetapi tugas bersama yang tidak terbatas daerah administrasi. Sehingga penanggulangan bencana dapat lebih terintegrasi antar daerah.

“Dengan adanya perjanjian kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas penanggulangan bencana di daerah perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah,” ujar Raffy.

Raffy berharap, BPBD dapat meningkatkan kualitas data kebencanaan. Sehingga perencanaan penanggulangan bencana tepat sasaran.

Acara masih berlanjut hingga hari ini Selasa (31/5). Sementara pemateri dilanjutkan dari BPBD Provinsi Jawa Tengah. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan