Berantas Kebutaan, BCA Gelar Operasi Katarak di RSUD Asih Husada Kota Banjar Secara Gratis

BANJAR –  Untuk membantu memberikan pelayanan Kesehatan, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak (SPBK) Perdami mengadakan bakti sosial operasi katarak di RSUD Asih Husada kota Banjar.

Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut dibuka oleh Kepala KCU BCA Tasikmalaya Hendri Darmin, dihadiri wali kota Banjar Dr Hj, Ade Uu Sukaesih, Msi beserta unsur Muspika setempat.

Hendri Darmin mengungkapkan, sebegai Bank Swasta terbesar di Indonesia berkomitmen hadir untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu.

Menurutnya, kali ini pihaknya bekerjasama dengan Pemkot Banjar dan RSUD Asih Husada memberikan bantuan operasi Katarak kepada masyarakat secara gratis.

‘’Sejak 2001, pihaknya memberikan kontribusi pada penurunan jumlah kebutaan akibat penyakit katarak di Indonesia agar terus berkurang dari waktu ke waktu,’’kata Hendri Darmin dalam keterangannya, Selasa, (31/5).

Dia menilai, berdasarkan data, angka kebutaan akibat Katarak di Indonesia masih terbilang tinggi. Hal ini membuat BCA merasa terpanggil untuk membantu.

BCA juga memberikan dukungan penyediaan alat-alat operasi katarak untuk SPBK PERDAMI, dan beberapa Perdami Cabang untuk mempercepat pemberantasan buta katarak.

Operasi ini melibatkan 6 dokter spesialis mata yang didampingi oleh asisten dokter untuk menangani sekitar 241 pasien.

Pada 2019, BCA menyumbang donasi 1 buah mikroskop dan instrumen katarak kepada SPBK Perdami Pengurus Pusat, donasi 1 buah mikroskop kepada Perdami Cabang DKI Jakarta.

‘’Dukungan pembelian donasi 1 mesin phacoemulsifikasi kepada perwakilan Perdami Cabang Riau,’’ujar Hendri.

Sementara itu, EVP CSR BCA Inge Setiawati menambahkan, mengurangi jumlah pasien buta akibat katarak merupakan pekerjaan rumah seluruh pihak.

Pihaknya bekerja sama dengan SPBK-Perdami sejak 2001. Pada sejak 2017 dengan Kick Andy Foundation untuk mengadakan operasi katarak secara berkelanjutan.

“Untuk kegiatan bakti sosial operasi katarak di kota Banjar ini, kami perkirakan bisa dilakukan tindakan sekitar 241 operasi gratis kepada masyarakat.

‘’Harapannya, BCA dapat terus menjangkau wilayah-wilayah yang masyarakatnya membutuhkan pertolongan dalam rangka mengurangi jumlah kebutaan akibat katarak,” tutup Inge. (red).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan