Update Pencarian Eril, Dubes RI Jelaskan Berbagi Upaya dan Metode Pencarian yang Digunakan di Sungai Aare

JABAREKSPRES.COMDuta Besar (Dubes) RI untuk Swiss, Muliaman Hadad memberikan keterangan mengenai update pencarian Emmeril Khan Mumtadz (Eril), putra Sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang hilang di sungai Aare, Bern, Swiss.

Dalam keterangannya Muliaman menegaskan hingga hari kamis sore pencarian terhadap Eril belum membuahkan hasil.

“Hingga Kamis sore, pencarian belum mendapatkan hasil yang diharapkan. KBRI juga telah berkomunikasi dengan Kemenlu Swiss untuk mendorong pencarian yang lebih optimal,” ujarnya saat konferensi pers virtual bersama awak media langsung dari Kota Bern, Swiss, Sabtu (28/5).

Upaya Pencarian Eril masih akan terus dilakukan bahkan menggunakan berbagai  metode, untuk mempercepat penemuannya.

Muliaman juga menjelaskan pada  Jumat, (27/5), Tim SAR kembali menurunkan 20 personel, dengan menggunakan metode penyusuran sungai menggunakan perahu. Penyusuran dilakukan mulai dari lokasi awal, sampai area pintu air, yakni dengan cakupan 17 kilometer di area sungai.

Tidak hanya itu, upaya pencarian juga dilakukan dengan menggunakan  drone thermal dan drone khusus yang akan kembali digunakan Tim SAR pada pencarian hari ini. Upaya pencarian hari Sabtu (28/5) ini juga dipercepat, menjadi pukul  08.30 waktu Swiss atau pukul 13.30 WIB.

Pencarian hari ini dilakukan dengan lebih intensif, yakni akan kembali dilakukan dengan metode penyusuran menggunakan perahu, menjelajah menggunakan drone juga  ditambah dengan penyelaman yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi air didalam sungai.

Diperkirakan hari sabtu ini pencarian akan melibatkan lebih banyak orang, karena saat akhir pekan banyak warga Swiss yang libur yang juga berinisiatif membantu proses pencarian.

Semua tim yang melakukan pencarian, dikatakan Muliaman sangat profesional. Bahkan Saat dia bertemu dengan Ridwan Kamil, tim juga memberikan gambaran mengenai tofografi sungai, juga  berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

Tim SAR yang dikerahkan terdiri dari unsur polisi, polisi medis, polisi Sungai dan pemadam kebakaran. (rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan