Elektabilitas Airlangga Hartarto Moncer, Jika Dibandingkan 4 Menteri yang Ingin Nyapres

JAKARTA – Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Panel Survei Indonesia (PSI), masyarakat mengaku puas dengan kinerja Airlangga Hartarto dalam penangan dan pemulihan ekonomi.

Koordinator Survei Nasional PSI Permadi Yuswiryanto menuturkan, sebanya 12,1 persen responden menyatakan sangat puas, sedangkan 71,2 persen cukup puas dengan apa yang dilakukan Airlangga Hartarto dalam menjalankan tugasnya.

Airlangga Hartarto yang ditunjuk sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini sangat relevan dengan simulasi PSI mengenai niatnya menjadi Capres pada 2024 nanti.

‘’PSI kemudian membuat simulasi dengan memilih empat Menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo yang memiliki peluang dan potensi sebagai calon Presiden 2024,’’kata Permadi dalam keterangan, Jumat, (27/5).

Survei yang melibatkan 2.160 responden itu, memilih empat nama Menteri untuk dilakukan survei elektabiltas di antaranya Airlangga Hartarto, Sandiaga Uno, Prabowo Subianto dan Erick Thohir.

Hasilnya, Airlangga Hartarto memperoleh 32,2 persen. Sedangkan yang memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, sebanyak 7,7 persen.

Untuk Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Meneteri BUMN Erick Thohir mendapatkan 2,7 persen.

PSI juga melakukan survei mengenai, jika Pipres digelar hari ini. Dari hasil survei itu, nama Airlangga Hartarto Kembali menempati posisi pertama dengan nilai responden 19,9 persen.

Akan tetapi diluar dugaan ada responden memilih nama  Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang menempati urutan kedua dengan 14,3 persen.

Selain itu, Prabowo Subianto berada di urutan ketiga dengan 9,6 persen, diikuti Ganjar Pranowo (9,2 persen), Menteri Keuangan Sri Mulyani (5,7 persen) hingga Anies Baswedan dengan 3,7 persen.

Sedangkan untuk tingkat keterpilihan Partai Golkar dalam survei PSI juga disebutkan Golkar berada di urutan pertama dengan 16,9 persen, disusul PDIP (16,2 persen), Gerindra (16,1 persen), dan Nasdem dengan 6,4 persen.

‘’Posisi di bawah Nasdem ada PKS dengan 5,6 persen, Demokrat 5,2 persen, dan PKB dengan 4,7 persen,’’kata Permadi.

Survei PSI dilakukan dengan wawancara melalui telepon. Survei ini menggunakan metode simple random sampling dengan margin of error sekitar 2,11 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (red).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan