Pertama di Indonesia, Kopassus Sukses Gelar Kejurnas Indoor Skydiving Championship 2022

BANDUNG BARAT – Pertama kalinya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) terjun payung yang digelar di dalam ruangan dengan menggunakan wind tunnel diselenggarakan di Indonesia. Kejurnas Bernama “Kopassus 1st National Indoor Skydiving Championship 2022” tersebut diprakarsai Kopassus dan Komite Terjun Payung FASI.

Kejuaraan yang diselenggarakan sejak 20 hingga 22 Mei 2022 itu pun mendapat apresiasi yang luar biasa dari Ketua KONI, Sekjen FASI, Ketua Komite Terjun Payung FASI dan seluruh pencinta olah raga terjun payung di Tanah Air.

Dalam kejuaraan yang diikuti anggota TNI, Polri dan Club Terjun Payung se-Nusantara itu dinilai melebihi ekspektasi Komite Terjun Payung FASI.

“Walau pun untuk pertama kali dilaksanankan tapi Kopassus 1st Indoor Skydiving Championship 2022 ini sangat luar biasa,” ungkap Ketua Komite Terjun Payung FASI Irfan Zuladry, usai penutupan acara, Minggu (22/5).

Menurutnya, selama pengalaman dirinya mengikuti kejuaraan terjun payung nasional dan internasional, acara ini adalah yang paling meriah. Sehingga pihaknya pun berencana untuk menyelenggarakan event Internasional.

’’Kalau metode dan proses pelaksanaannya seperti ini, saya berani untuk melaksanakan event internasional,’’ ujarnya.

Kejurnas Kopassus 1st National Indoor Skydiving sendiri diikuti oleh sebanyak 49 Tim. Pertantingan pun dibagi dalam 5 kategori; yaitu 2-way FS basic-intermediate putri, 2-way FS basic-intermediate putra, 2-way FS basic-intermediate putri; 2-way FS advance; 4-way FS basic-intermediate; dan, 4-way FS advance. Namun, pada akhir penutupan, Panitia menambahkan 1 kategori yaitu Kategori Favorit.

Para peterjun pun berjuang memperebutkan medali, piala, sertifikat, Piagam Perhargaan, serta uang pembinaan dengan totoal Rp 125,5 juta.

Sementara itu, Komandan Jenderal Korp Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Iwan Setiawan mengatakan, walaupun hasil secara umum didominasi oleh para peterjun Kopassus, Brigif-18 Para Raider/Trisula Kostrad dan Kopasgat, namun kemenangan bukanlah menjadi tujuan utama.

“Namun semangat untuk bisa berkumpul dan juga memberikan yang terbaik bagi negara serta kesatuan menjadi lebih utama,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danjen Kopassus pun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya event tersebut.

Event ini telah mencapai tujuan yang kita harapkan, yaitu memeriahkan HUT Kopassus ke-70 dan mensosialisasikan olahraga Indoor Skydiving, serta meningkatkan kemampuan atlet-atlet Formation Skydive Indonesia,” bebernya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan