Minuman Pereda Batuk, Dijamin Ampuh!

Jabarekspres.com- Batuk merupakan salah satu masalah yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi dengan frekuensi batuk yang sering, berikut adalah minuman pereda batuk.

Frekuensi batuk yang terlalu sering tak hanya menganggu diri sendiri. Orang lain pun akan cukup tertanggu dan beresiko untuk tertular jika seseorang yang batuk tersebut tidak memakai masker.

Tak hanya itu, rasa tidak nyaman dan gatal di tenggorokan pun sangatlah menjengkelkan.

Tetapi ada banyak cara untuk meredakan batuk, seperto meninum minuman sehat. Lantas minuman sehat apa yang bisa meredakan batuk? Berikut daftarnya.

  1. Teh

Minuman pertama yakni teh, meminum teh dapat meredakan batuk karena kemampuan teh untuk menenangkan sakit tenggorokan dan mengencerkan lendir yang mempermudah dahak untuk keluar.

Selain itu, teh juga mempunya sifat antiinflamasi dan antimikroba yang sangat baik untuk penyembuhan.

  1. Madu

Sebuah studi mengatakan jika madu dapat meredakan batuk lebih efektif dibandingkan obat dijual bebas tanpa resep yang mengandung dekstrometorfan, yang merupakan obat penekan batuk.

Kamu bisa mengolah madu dengan mencampurnya bersama teh herbal, air hangat, atau air lemon. Saat dikonsumsi bersama teh, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

  1. Yogurt

Memang kandungan probiotik dalam Yogurt ini tidak meredakan batuk secara langsung, tetapi dapat menyeimbangkan bakteri yang hidup di dalam usus.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan dukungan terhadap fungsi sistem imun di seluruh tubuh. Selain yogurt, kamu juga bisa memilih produk probiotik lainnya seperti kefir.

  1. Peppermint

Kandungan menthol dalam peppermint dapat menenangkan tenggorokan dan berfungsi sebagai dekongestan yang dapat membantu tubuh memecah lendir.

Selain meminumnya, kamu bisa juga mandi uap dengan daun ini. Campurkan beberapa tetes minyak peppermint di atas air panas.

Lalu, letakkan handuk di atas kepala sambil mengambil napas tepat di atas air tersebut.

Itulah beberapa minuman pereda batuk yang dapat kamu konsumsi. Semoga bermanfaat.***

(halodoc.com)

Tinggalkan Balasan