Cegah Kerumunan, Disdik Kota Bandung Akan Terapkan Sistem Daring pada PPDB

BANDUNGDinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menyampaikan rencana pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 yang rencananya akan dilangsungkan pada 6 Juni nanti, pihaknya saat ini tengah melakukan pematangan kembali.

Menurut Kepala Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar menjelaskan bahwa dalam pematangan PPDB tahun 2022 ini, pihaknya akan melakukan sosialisasi secara menyeluruh kepada seluruh Sekolah yang ada di Kota Bandung.

Sehingga dalam pelaksanaan PPDB tahun ini, Hikmat mengatakan bahwa Disidik Kota Bandung akan melakukannya sebanyak 2 tahap yakni pendataan dan pendaftaran.

“Jadi di tahap pendataan, kita mensosialisasikan melalui grup di Sekolah orang tua, dan tahun ini mengacu kepada Permendikbud Nomor 1 tahun 2021, bahwa sistem PPDB ini secara keseluruhan dilaksanakan secara daring,” jelas Hikmat saat dikonfirmasi, Kamis (19/5).

Ia pun mengatakan, penerapan sistem daring tersebut juga mengacu pada pelaksanaan PPDB Tahun 2021 kemarin.

Yang dimana Hikmat mengungkapkan, hal tersebut bisa mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat saat melakukan pendaftaran PPDB.

“Memang sangat efektif (mengunakan sistem daring), sehingga tidak ada kerumunan dan semua (proses pendaftaran) akan dibantu oleh kepala sekolah dan wali kelas yang ada di sekolah asal,” ucapnya.

“Sehingga nanti orang tua cukup mengisi laman yang sudah disiapkan. Dan disana ada aplikasi yang bisa diisi, dan bisa dicek kembali oleh orang tua. Dan setelah valid, baru bisa masuk ke sistem pendaftaran,” imbuhnya.

Selain itu, pada pelaksanaan PPDB tahun ini, Hikmat memastikan sekolah masih menggunakan sistem Zonasi, Perpindahan Orang Tua, Jalur prestasi, hingga afirmasi.

“Jadi kita akan atur sedemikian rupa seperti tahun-tahun sebelumnya, dan mudah-mudahan ini bisa berjalan sesuai dengan pada prinsipnya,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Pelaksanaan PPDB tahun 2022 akan dilakukan secara serentak di wilayah Jawa Barat pada tanggal 6 Juni nanti.

Menurut Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi mengatakan bahwa pada tanggal 17 Mei 2022 kemarin pihaknya telah melakukan pembagian akun PPDB ke seluruh SMP dan MTS di Jawa Barat.

Sehingga pada pelaksanaan PPDB tahun ini, Dedi menambah bahwa pihaknya akan membagi menjadi dua tahap yakni jalur afirmasi hingga prestasi dan jalur zonasi di tahap kedua.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan